Follow Us

Sebut Karier Ferdy Sambo Kalahkan Kapolri, Sosok Ini Juga Bongkar Kenapa Mantan Kadiv Propam Tak Diperiksa Pakai Lie Detector

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 07 September 2022 | 20:42

GRIDVIDEO.ID - Belum lama ini 3 dari lima tersangka kasus kematian Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat telah diperiksa menggunakan alat pedeteksi kebohongan atau lie detector.

Ketiga tersangka kasus kematian Brigadir J itu tak lain adalah Bharada E, Bripka RR dan Kuat Maruf.

Namun publik justru dikejutkan dengan dua sosoik tersangka lain yang dituding sebagai otak utama pembunuhan Brigadir J yakni Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi.

Bagaimana tidak? Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sampai saat ini belum juga diperiksa menggunakan alat lie detector seperti ketiga tersangka lain.

Baca Juga: Karier Sebagai Perwira Polisi Hancur Seketika, Ternyata Ini Motif Anak Buah Ferdy Sambo Nekat Hilangkan Bukti Pembunuhan Brigadir J

Tetapi baru-baru ini mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol (Purn) Ito Sumardi membocorkan hal mengejutkan terkait alat penguji kejujuran tersebut.

Sebagai mantan petinggi Polri, Ito Sumardi mengungkapkan terkait keakuratan alat lie detector untuk mengungkpak sebuah kasus.

Sebelumnya, Ito membeberkan bahwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi berhak untuk menolak menggunakan lie detector.

Hal itu tak lain karena alat pendeteksi kebohongan ini memiliki akurasi yang belum pasti.

Baca Juga: Antara Pembunuhan Brigadir J dan Penembakan di Lapas Cebongan, Ada Simpul yang Bisa Membuat Ferdy Sambo Lolos

"Penggunaan dari lie detector bukan bagian dari SCI, jadi di sini penggunaan lie detector ini tidak bisa kita paksakan digunakan pada seseorang untuk digunakan, dia punya hak untuk menolak. Kenapa demikian? Karena akurasi dari alat lie detector ini sampai saat ini belum bisa dijamin 100 persen," jelas Komjen Pol (Purn) Ito Sumardi, dikutip dari YouTube tvOneNews, yang tayang pada Senin (5/9/2022).

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest