Follow Us

Antara Pembunuhan Brigadir J dan Penembakan di Lapas Cebongan, Ada Simpul yang Bisa Membuat Ferdy Sambo Lolos

Hery Prasetyo - Rabu, 07 September 2022 | 17:42

GRIDVIDEO - Perbandingan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan penembakan di Lapas Cebongan oleh pasukan Kopassus, sedikit ada kemiripan.

Jika Polri dan Jaksa tidak cermat, Ferdy Sambo bisa bebas dari jeratan pasal pembunuhan berencana.

Hal itu diingatkan Mantan Hakim Agung, Prof. Gayus Lumbuun.

Ia memandingkan pemicu kasus pembunuhan Brigadir J dengan perkara penembakan di Lapas Cebongan, Sleman, Yoguakarta, pada 23 Maret 2013.

BACA JUGA: Tiga Kapolda Terlibat Kasus Pembunuhan Brigadir J, Apa Peran Mereka?

Menurutnya, hal penting dalam perbandingan dua kasus itu adalah, apakah aksi kekerasan hingga menghilangkan nyawa orang lain itu merupakan perbuatan yang terjaci secara spontan atau sudah direncanakan.

Gayus menandaskan, peristiwa penembakan di Lapas Cebongan yang menewaskan 4 orang dalam putusan akhir, Mahkamah Milieter menyimpulkan karena aksi spontanitas dan tidak direncanakan.

BACA JUGA: Bripka RR Jadi Saksi, Kuat Maruf Marahi Brigadir J Tanpa Sebab Hingga Buat Putri Candrawathi Lapor Pada Ferdy Sambo

"Karena pasalnya tidak bisa berkaitan dengan perencanaan pembunuhan, dalam halini seorang prajurit yang memengaruhi jiwanya, dia bebas bersenjata," jelas Gayus Lumbuun dalam progam Aiman di Kompas TV, Rabu (7/9/2022).

Ia menjelaskan, penembakan di Lapas Cebongan terjadi karena terjadi karena jiwa korsa (esprit de corps) yang tinggi dari para pelaku.

Pelaku penembakan, Serda Ucok Tigor Simbolon, mengaku marah setelah mendengar rekannya, Serka Heru Santosa, meninggal dunia karena ditusuk pecahan botol dalam pertengkaran du Hugo's Cafe, beberapa hari sebelumnya.

"Emosi tinggi mereka baru selesai latihan dan dia memegang senjata. Maka, dia melakukan tindakan kekerasan yang bukan berencana," terang Gayus Lumbuun.

Editor : Hery Prasetyo

Baca Lainnya

Latest