Follow Us

Piala AFF 2022 - Ada Penalti Gaib di Laga Vietnam Vs Malaysia, Eks Wasit Piala Dunia Berkomentar

Imadudin Adam - Kamis, 29 Desember 2022 | 12:15

GRIDVIDEO - Isu penalti gaib yang diberikan wasit asal Jepang, Ryuji Sato untuk timnas Vietnam dikomentari berbagai pihak.

Nama Subkhiddin Mohd Salleh merupakan eks wasit AFC Elite Referee (2008-2011) dan pemegang lisensi FIFA sejak 2000-2011.

Wasit asal Malaysia itu juga pernah terpilih menjadi salah satu wasit utama pada ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, meski tidak pernah memimpin sekalipun pada ajang tersebut.

Dilansir dari Berita Harian. eks wasit FIFA tersebut menjelakan bahwa keputusan Ryuji untuk memberikan hadiah penalti tepat jika mengabaikan gerakan awal yang membuat Azam Azmi terpelanting keluar lapangan.

"Jika insiden itu terjadi di luar garis batas permainan dan di dekat area penalti, sebagai contoh insiden yang kita lihat barusan, insiden itu terjadi di garis gawang dan di dekat atau batas area penalti," ujar Subkhiddin Mohd Salleh.

“Saat itu bola masih dalam permainan. Jadi, setiap kejadian yang terjadi di area penalti di luar batasnya, maka wasit harus memulai kembali permainan dengan penalti," tambahnya.

Namun, peristiwa tersebut menurut Subkhiddin Mohd Salleh, Vietnam tidak pantas mendapatkan hadiah penalti jika tidak mengabaikan peristiwa yang menyebabkan Azam Azmi terpelanting keluar lapangan.

Baca Juga: Militer Korsel Akui Kelemahan Usai Gagal Adang Drone Korut

Seharusnya keputusan yang tepat bagi eks wasit asal Malaysia tersebut adalah tendangan bebas untuk Harimau Malaya.

Sementara keputusan kartu merah tetap harus dikeluarkan dari saku jika terbukti ada gerakan tambahan dari Azam Azmi.

Insiden ini terjadi ketika timnas Vietnam berhadapan dengan timnas Malaysia.

Peristiwa yang jadi pembicaraan publik Asia Tenggara yang dimaksud adalah insiden ketika Vietnam mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-61,

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest