Follow Us

Militer Korsel Akui Kelemahan Usai Gagal Adang Drone Korut

Imadudin Adam - Rabu, 28 Desember 2022 | 16:00

GRIDVIDEO - Militer Korea Selatan (Korsel) minta maaf usai gagal mengadang lima drone Korea Utara (Korut) yang melewati perbatasan bahkan sampai mendekat ke ibu kota Seoul pada Senin (26/12/2022).

Seoul melepaskan tembakan peringatan dan mengirim jet serta helikopter serang untuk menembak jatuh pesawat tanpa awak (drone) milik pasukan Kim Jong Un, yang salah satunya terbang dekat ibu kota.

Meskipun pengejaran selama lima jam, drone tersebut dilaporkan semuanya kembali ke Korea Utara.

Presiden Korea Selatan mengatakan bahwa insiden tersebut menunjukkan kesiapan militer "sangat kurang."

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengklaim militernya dapat melawan "serangan drone yang menimbulkan ancaman nyata," tapi mengaku kemampuan pihaknya terbatas untuk mendeteksi dan menyerang drone mata-mata yang lebih kecil.

Baca Juga: Ramuan Alami Jamur, Bawa 4 Manfaat Kesehatan yang Jaranf Diketahui!

Dia menambahkan bahwa militer akan "secara aktif menggunakan perangkat pendeteksi untuk menemukan pesawat tak berawak musuh dari tahap awal dan secara agresif mengerahkan aset serangan".

Koresponden BBC di Seoul, Jean Mackenzie, mengatakan kegagalan itu memprihatinkan. Pasalnya, drone yang terbang di dekat Seoul berpotensi menjalankan operasi pengawasan dan memotret area sensitif.

Dalam rapat kabinet pada Selasa (27/12/2022), Presiden Yoon Suk-yeol mengatakan akan mempercepat pembentukan unit militer yang akan dilengkapi dengan drone siluman mutakhir untuk memantau fasilitas militer Korea Utara, sebagai tanggapan atas insiden Senin (26/12/2022).

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest