Follow Us

Pemerintah Vs Hacker, Sosok Bjorka Dibongkar Hingga Sebut Tak Ada Niat Buruk, Mahfud MD: Tidak Punya Keahlian Membobol

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 15 September 2022 | 21:02

GRIDVIDEO.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, identitas, lokasi, dan tingkat kemampuan sosok hacker yang disebut Bjorka.

Bermula dari pemilik akun Twitter @Bjorkanism_ atau Bjorka, netizen dihebohkan dengan sejumlah pernyataan mengejutkan terkait pembobolan data yang disebut dilakukan oleh hacker tersebut.

Namun baru-baru ini, Mahfud MD menjelaskan bahwa pemerintah masih melakukan penyelidikan terkait sosok Bjorka yang disebut telah dikantongi identitasnya.

Hal tersebut disampaikannya saat konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat pada Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor di Tahun 2022 Dihapus Pemprov DKI

"Kita terus menyelidiki. Karena sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," kata Mahfud.

Meski disebut-sebut telah mampu membobol sejumlah data rahasia termasuk data Kepresidenan, Mahfud MD mengatakan, motif dari perbuatan Bjorka tersebut diketahui beragam.

Dalam pengungkapan yang dilakukan oleh pihak berwajib baru-baru ini, disebut motif Bjorka teridentifikasi diantaranya politik, ekonomi, jual-beli, dan sebagainya.

"Motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan," kata Mahfud.

Baca Juga: Samin Mengaku Sangat Ikhlas Uang Tabungan Rp50 Jutanya untuk Naik Haji Dimakan Rayap

Selain itu, berdasarkan rapat koordinasi dengan Kepala BIN, Kapolri, Kepala BSSN, dan Menkominfo pada Rabu (14/9/2022), Bjorka tidak memiliki keahlian membobol data yang sungguh-sungguh.

Menurut prasangka baik dari pemerintah, Bjorka hanya ingin memberitahu bahwa pemerintah harus hati-hati.

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest