Tips Buka Puasa dan Sahur ala Yulia Baltschun, Biar Berat Badan Nggak Naik nih

Pradipta Rismarini -    Rabu, 5 Mei 2021 | 14:27 WIB

Grid Video – Berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan seringkali merubah pola makan kita.

Harus menahan lapar sejak waktu subuh sampai dengan petang membuat perut kosong selama belasan jam.

Alhasil, tak jarang seseorang makan dengan porsi sangat banyak di waktu buka demi memuaskan lidah atau di waktu sahur dengan tujuan kenyang lebih lama.

Baca Juga: Pihak Hotma Sitompul Duga Ada yang Pengaruhi Ibu Desiree Tarigan: Coba Wawancara Langsung, Berani Nggak?

Hal itu tentunya berpengaruh ke berat badan dan bentuk tubuh, salah-salah berat badan justru bisa naik tak terkendali selama Ramadan.

Lantas bagaimana mengatasinya?

Ada beberapa tips dari Yulia Baltschun nih, apa aja?

Baca Juga: Mark Sungkar Bersyukur, Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar Mendukung Penuh Selama Dirinya Ditahan

1. Takjil

Jangan makan takjil berlebihan!

Untuk membatalkan puasa, saat berbuka biasanya diawali dengan menyantap takjil yang umumnya memiliki rasa manis.

Baca Juga: Thalita Latief Jalani Puasa di Tengah Proses Cerai dan Perjuangan Lawan Kanker Tiroid

Sesuai anjuran Rasul, berbuka dianjurkan makan kurma yang tidak hanya mengandung fruktosa dan glukosa, namun juga serat, potasium dan vitamin B kompleks.

"Jadi jangan diselewengkan dengan berbuka dengan es ini itu yang gulanya lebay banget, itu salah," jelas Yulia.

2. Makan Besar

Baca Juga: Pihak Hotma Sitompul Minta Desiree Tarigan Tak Usah Malu Cium Tangan dan Cium Kaki Suami

Meski lapar, jangan langsung makan besar saat waktu berbuka tiba ya!

Mulailah dengan minum air putih karena tubuh perlu cairan, lalu makan perlahan dengan mengunyah yang benar.

"Usus kita berat, mencernanya seret, keinginan kita minum bisa berkurang karena sudah kenyang duluan."

Baca Juga: 5 Cara Rawat Kulit Tetap Lembap dan Cerah Selama Puasa Ramadan, Ayo Ikutin!

"Lengkapi dulu gizinya, kenyangnya pasti mengikuti," ujarnya.

3. Sahur

Jangan makan sahur mendekati waktu imsak ya!

Baca Juga: Thalita Latief Kangen Makanan Khas Kampung Halaman, Cuma Ada di Bulan Ramadan

Sahur yang terlalu mepet dengan wkatu imsak, mengakibatkan tergesa-gesa saat mengunyah makanan sehingga tidka baik untuk pencernaan.

Pemenuhan kebutuhan nutrisi juga akan kurang, mengingat tubuh memerlukan cairan yang cukup juga beberapa asupan lain seperti vitamin, serat, karbohidrat dan protein.

(*)

KOMENTAR

POPULAR

TAG POPULAR