Bak Jadi Titik Terang, Putri Candrawathi Ternyata Sempat Hubungi Adik Brigadir J Untuk Susul ke Magelang, Ada Apa?

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:39

GRIDVIDEO.ID - Satu demi satu fakta baru terkait kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J terungkap.

Baru-baru ini usai Timsus yang dibentuk oleh Polri menyambangi Magelang untuk mengetahui apa yang terjadi sebelum penembakan terhadap Brigadir J di sana.

Namun hal mengejutkan justru ditemukan terkait kematian Brigadir J yang menyangkut istri mantan Kadiv Propam, Putri Candrawathi dengan adik ajudan Ferdy Sambo tersebut.

Melansir dari Tribunnews.com, PenyidikTim Khusus atau Timsus Polri telah memutuskan pergi ke Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Sadar Akan Dihabisi Nyawanya, Brigadir J Ternyata Sempat Berlutut Dan Minta Ampun Pada Ferdy Sambo, Begini Kronologinya!

Keberangkatan Timsus tersebut bertujuan untuk menelusuri peristiwa yang memicu Irjen Ferdy Sambo marah dan merencanakan pembunuhan terhadap ajudannya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Tetapi pengakuan mengejutkan justru dibeberkan oleh kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak terkait peristiwa yang terjadi antara Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan Brigadir J di Magelan.

Dalam pengakuannya, Kamaruddin menyebutkan bahwa istri Ferdy Sambo sempat menghubungi adik dari Brigadir J yang juga seorang anggota polisi.

Siapa sangka, pernyataan tersebut disampaikan Kamaruddin untuk menepis pernyataan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang mengaku bahwa alasannya membunuh Brigadir J karena insiden di Magelang.

Baca Juga: Ferdy Sambo, Bola Panas yang Menggilas Polisi Bias

Lebih mengejutkan lagi, Kamaruddin menyebutkan bahwa terjadi pertengkaran antara Ferdy Sambo dengan Putri Candrawathi saat berada di Magelang.

Namun demikian, Kamaruddin menambahkan, hubungan Brigadir J dengan Putri Candrawathi saat masih di Magelang baik-baik saja.

Tak sampai di situ saja, lebih mengejutkan lagi, Kamaruddin menyebut bahwa istri Ferdy Sambo ternyata sempat mengundang adik Brigadir J untuk datang ke Magelang.

"Di Magelang itu mereka happy-happy saja, yang bertengkar di Magelang itu Ferdy Sambo sama Putri," kata Kamaruddin kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/8/2022), seperti dikutip Tribunnews.com.

Baca Juga: Benar Ada Permusuhan di Polri? Sosok Ini Sebut Ada Jenderal Bintang 3 yang Ancam Mundur Bila Ferdy Sambo Tak Dipenjara

"Kalau di Magelang itu ibu Putri dengan Yoshua baik-baik saja bahkan Ibu Putri kirim WhatsApp ke adik Yoshua supaya datang ke Magelang, merayakan ulang tahunnya."

Temuan dari pihak keluarga Brigadir J tersebut pun menurut Kamaruddin telah melunturkan tudingan awal yang ditujukan pada ajudan Ferdy Sambo tersebut.

Bahwa tudingan Brigadir J disebut Kamaruddin telah melukai harkat martabat keluarga Putri Candrawathi dinilai tak berdasar.

Setali tiga uang, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Jayadi mengungkapkan alasan atau motif pembunuhan Brigadir J yang dilakukan Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: 'Bapak Ndak Tersangkakan FS, Besok Saya Mundur', Ada Jenderal Bintang 3 Ancam Lepas Jabatan Bila Ferdy Sambo Tak Dihukum, Siapa?

Berdasarkan keterangan Berita Acara Pemeriksaan (BAP), kata Andi, Ferdy Sambo marah lantaran mendapat laporan dari sang istri, Putri Chandrawathi (PC).

“Tersangka FS mengatakan bahwa dirimya menjadi marah dan emosi setelah mendapat laporan dari istrinya PC,” kata Brigjen Andi Rian dalam konferensi pers di Mako Brimob, Depok, Kamis (11/8/2022).

“Yang mengalami tindakan yang melukai harkat dan martabat keluarga yang terjadi di Magelang yang dilakukan almarhum Yoshua."

Dari pengakuan Ferdy Sambo itulah kemudian Timsus Polri memutuskan ke Magelang untuk menelusuri peristiwa sebelum terjadi insiden penembakan atau pembunuhan di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Kisah Ancaman Jenderal Bintang Tiga, Lalu Ferdy Sambo Pun Kena Batunya

“Tim sedang ke Magelang untuk menelusuri kejadian di sana secara utuh kejadian bisa tergambar,” kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto kepada wartawan di Jakarta, Minggu (14/8/2022).

Agus menambahkan, penelusuran tersebut bertujuan untuk mengetahui faktor pemicu pembunuhan terhadap Brigadir J.

Seperti pengakuan Irjen Ferdy Sambo saat diperiksa sebagai tersangka di Mako Brimob Polri.

Selain itu Agus juga mengungkapkan bahwa penyidikakan mengumpulkan barang bukti yang dibutuhkan untuk penyidikan kasus tersebut.

Dalam penelusuran ke Magelang ini, kata Agus, penyidik tidak menyertakan Putri Candrawathi. Namun, penyidikan menjadikan keterangan Putri sebagai dasar dalam proses penyidikan.

“Kami juga mendasari keterangan yang bersangkutan (Putri) juga dalam proses penyidikan yang kami lakukan,” ujar Agus.

(*)

Baca Juga: Ferdy Sambo Sebut Istrinya Dilecehkan di Magelang, Putri Justru Chat Adik Brigadir J Begini

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya