Follow Us

Menurut Studi, Musik Bisa Menurunkan Stres dan Kecemasan

Imadudin Adam - Selasa, 17 Januari 2023 | 11:18

GRIDVIDEO - Musik ternyata bisa mempengaruhi pikiran, perilaku, dan perasaan seseorang.

Saat menghadapi stres, musik bisa dimanfaatkan menjadi salah satu media untuk menenangkan saraf.

Dalam sebuah studi, partisipan diminta untuk memecahkan teka-teki yang sulit secepat mungkin. Teka-teki tersebut memicu tingkat stres tertentu, dan peserta mendengarkan lagu yang berbeda.

Terdapat daftar putar berisi 10 lagu yang dipersiapkan.

Para peneliti mengukur aktivitas otak serta keadaan fisiologis peserta yang mencakup detak jantung, tekanan darah, dan laju pernapasan.

Dr David Lewis-Hodgson dari Mindlab International, yang memimpin studi tersebut mengatakan, satu lagu teratas dalam daftar putar menghasilkan tingkat relaksasi yang lebih baik daripada musik lain yang sudah diuji.

Baca Juga: Perselingkuhan Jadi Kesimpulan JPU Soal Kasus Ferdy Sambo

Di samping itu, manfaat musik dalam menurunkan stres sangatlah penting, sebab stres memperburuk atau meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, depresi, gangguan pencernaan, asma, dan banyak lagi.

Bahkan, makalah dari Harvard University dan Stanford University menemukan gangguan kesehatan dari stres kerja saja menyebabkan lebih banyak kematian dibandingkan diabetes, Alzheimer, atau influenza. Demi menjaga kesehatan pikiran dan tubuh, maka kita perlu mengistirahatkannya.

Musik adalah cara mudah untuk menghilangkan stres dari segala hal --terutama urusan kantor-- yang dapat dengan mudah meningkatkan kadar stres dan membuat kita lelah dan cemas.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest