Follow Us

BMKG: Badai Siklon Tropis Ellie Mengancam Jawa Hingga Nusa Tenggara!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 31 Desember 2022 | 14:14

GRIDVIDEO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan adanya potensi terjadi badai ekstrem di Indonesia.

Bahkan menurut penemuan BKMG ada indikasi bibit badai siklon tropis Ellie yang muncul dan mengancam sebagian wilayah Indonesia.

BMKG pun mengatakan bahwa warga yang tinggal di Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara diminta untuk waspada.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers daring, Jumat (30/12/2022).

"Bibit siklon yang di utara sudah punah, artinya tidak ada pengaruh, itu mengurangi awan-awan tebal yang ada di utara Jawa."

"Bahkan muncul kembali tekanan rendah siklon tropis Ellie, sudah punah masuk ke daratan Australia darat. Namun ada low pressure area di sebelah selatan Australia, ternyata hari ini bergerak ke arah barat Samudera Hindia, dapat energi tambahan, energi baru, saat ini nampaknya ada peluang potensi menjadi bibit siklon yang kemungkinan jadi siklon," jelas Dwikorita Karnawati.

BMKG pun juga memprediksi potensi hujan lebat hingga sangat lebat terkonsentrasi di wilayah utara Banten, DKI Jakarta, utara Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Timur.

"Relatif lebih meluas pada 31 Desember yang tadinya aman justru jadi lebih meluas meliputi wilayah Jawa Barat, meluas juga di Jawa Tengah."

"Bahkan Jawa Timur yang tadinya relatif aman juga akan terkena, namun insya Allah ada tren menurun pada 1 Januari (2023)," urai Dwikorita.

Tak sampai di situ saja, BMKG juga mengingatkan adanya potensi gelombang tinggi di Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara.

Hal itu tak lain karena bibit siklon Ellie mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut.

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest