Follow Us

Kenapa Lokasi KPR atau Rumah Subsidi Berada di Pinggir Kota?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 28 November 2022 | 21:11

GRIDVIDEO - Sudah bukan rahasia lagi, bagi peminat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau rumah subsidi sadar bahwa lokasi hunian berada di pelosok.

Lokasi keberadaan rumah subsidi yang akan dibeli tersebut memang sudah menjadi rahasia umum berada di pinggiran kota.

Lalu sebenarnya apa penyebab lokasi KPR atau rumah subsidi berada di pinggiran?

Wakil Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu menjelaskan alasan lokasi rumah subsidi berada di peinggir kota.

Dalam kesempatan tersebut, Nixon menyebutkan penyebabnya adalah harga properti atau rumah subsidi yang hanya berkisar Rp 150 juta sampai Rp 300 juta menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Ingin Beli Rumah Subsidi? Ini 5 Tips Agar Permohonan KPR Disetujui!

Karena kisaran harga rumah subsidi yang terbilang tidak begitu mahal dibanding properti lain menyebabkan pengembang hanya mampu meraup untung tipis.

Oleh karena itu, karena harga tanah di tengah kota yang semakin mahal menyebabkan daerah piggiran dipilih sebagai lahan pembangunan rumah subsidi oleh pengembang.

Hal itu dibongkar oleh Nixon dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) lewat kanal Youtube Komisi VI DPR RI, Rabu (23/11/2022) lalu.

"Karena memang harga Rp 300 ribu (per meter) itu hitungan mereka masih ada margin tipis. Lebih dari itu, sudah berat buat mereka," ujar Nixon

Kondisi demikian menurut Nixon menjadi dilema tersendiri karena semakin baik infrastruktur yang mendukung kawasan makan harga tanah semakin mahal.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest