Follow Us

Olahraga Pagi Baik untuk Kesehatan! Kenali Manfaatnya

Imadudin Adam - Minggu, 15 Januari 2023 | 10:21

GRIDVIDEO - Olahraga tidak hanya bikin tubuh lebih segar namun juga punya manfaat lain.

Konon, melakukan olahraga di pagi hari memiliki manfaat yang luar biasa bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan.

Lantas apakah benar olahraga pagi punya manfaat luar biasa?

Pertama, olahraga pagi bisa menurunkan nafsu makan buat seseorang.

Melakukan olahraga di pagi hari juga berguna untuk menekan nafsu makan dan hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian di dalam Jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise di tahun 2012.

Pada penelitian ini, ditemukan bahwa berolahraga selama 45 menit di pagi hari bisa menekan nafsu makan dengan lebih baik sehingga tidak tergoda untuk makan secara berlebihan dan nyemil.

Kemudian yang kedua, olahraga di pagi hari bisa membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Menurut penelitian yang dimuat di Jurnal Vascular Health and Risk Management pada tahun 2014, berolahraga secara teratur di pagi hari bisa mendukung kualitas tidur di malam hari.

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa manfaat ini hanya bisa didapatkan ketika para partisipan berolahraga di pagi hari dan partisipan lainnya yang berolahraga di siang dan malam hari tidak mendapatkan manfaat yang serupa.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya perubahan temperatur tubuh dan denyut jantung sehingga olahraga siang dan malam hari malah akan mengganggu kualitas tidur.

Lalu yang ketiga, olahraga di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise di tahun 2012, olahraga pagi bisa meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Proses metabolisme yang lebih baik bisa mendukung kesehatan secara umum serta berkontribusi untuk menurunkan berat badan.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest