Follow Us

Penyebab Rusia Ditakuti Oleh Negara Barat Karena Senjata Militer Ini!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 13 Januari 2023 | 18:28

GRIDVIDEO – Di tengah serangan negara-negara Barat karena invasinya ke Ukraina, Rusia memang dikenal sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer mengerikan.

Salah satu penyebab Rusia sampai saat ini masih ditakuti oleh negara-negara Barat tak lain karena senjata-senjata militer buatan mereka.

Bahkan ada salah satu senjata militer buatan Rusia yang dianggap bisa menjadi bencana besar bila digunakan untuk berperang.

Senjata militer Rusia tersebut diberi nama rudal nuklir 'Satan 2'.

Melansir dari independent.co.uk, rudal nuklir ‘Satan 2’ pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 dengan nama sebenarnya RS-28 Sarmat.

RS-28 Sarmat diberi julukan rudal nuklir 'Satan 2' karena kemampuannya yang menakutkan ketika menyerang sebuah target.

Rudal nuklir 'Satan 2' disebut sebagai pengganti RS-36M, senjata era tahun 1970-an yang juga diberi julukan oleh NATO sebagai rudal Satan.

Dengan berat hingga 10 ton dan berkapasitas muatan nuklir mencapai 10 ton, rudal ini cukup membuat musuh Rusia ketakutan.

Kapasitas muatan tersebut bisa menghasilkan ledakan sekitar 2.000 kali lebih kuat dari pada bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Pada Oktober 2017 silam, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa mereka telah melakukan uji coba peluncuran rudal nuklir Satan 2.

Uji coba kali pertama itu dilaksanakan di spaceport Plestek Cosmodrome, kira-kira 500 mil utara Moskow.

Rudal tersebut bisa menempuh jarak 3.600 mil sebelum mencapai sasarannya di Kura, area uji coba rudal balistik antar benua di Timur Jauh Rusia.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest