Follow Us

Jadi Guyonan, Senjata Militer Malaysia Tak Mampu Samai Buatan PINDAD

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 13 Januari 2023 | 17:57

GRIDVIDEO - Salah satu pabrikan senjata militer dari Indonesia, PT PINDAD kini masuk sebagai penghasil senjata perang mengerikan di dunia.

Pencapaian PT PINDAD Indonesia agaknya ingin disamai oleh negara tetangga, Malaysia yang juga mulai memproduksi senjata militer sendiri.

Sayangnya, senjata militer buatan Malaysia justru kena cibir dari berbagai pihak mengenai karena inovasinya yang dianggap unik.

Mengutip dari Suar.ID, karena senjata militer tersebut, Malaysia malah jadi bahan cibiran dunia gegara membuat senapan yang dianggap mirip mainan anak-anak.

Malaysia mencoba untuk memperkuat pertahanannya dengan memproduksi senapan (rifle) asli buatan dalam negeri yang ingin menyamai pencapaian Indonesia dengan SS-1 nya atau Singapura dengan senapan mesin Ultimax 100.

Di tahun 2006 lalu, sebuah prototipe senjata dalam negeri Malaysia diperkenalkan kepada publik yakni senjata jenis rifle dengan nama VB Berapi LP06 dari pabrikan Vita Berapi.

Direktur utama Vita Berapi, Hasyim Abdul Masjid mengatakan, rancangan dan desain VB Berapi LP06 dibuat oleh Vyktar Prykhodeka yang dibuat dalam tiga prototipe berupa pistol LP01, Shotgun LP02 dan Rifle LP06.

Tetapi kemajuan teknologi militer Malaysia itu justru mendapat respon negatif dari publik Malaysia.

Hal itu tak lain karena, senjata tersebut dianggap memiliki desain aneh dan konyol berbeda dengan rancangan PT PINDAD Indonesia dengan SS-1 yang berlisensi rifle FN FAL Belgia.

VB Berapi LP06 dianggap mirip senjata mainan anak-anak atau senjata dalam film Sci-fi, seperti Star Wars hingga disebut-sebut jadi olok-olok industri senjata militer dunia.

Tak sedikit yang menduga, VB Berapi LP06 adalah sebuah konsep saja dan bukan senapan sungguhan.

Selain itu senjata militer ini dianggap masih banyak memiliki kekurangan termasuk di bidang desain membuat VB Berapi tidak pernah masuk ke lini produksi massal.

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest