Follow Us

KSAL Bongkar Peran Penting Bung Karno di Balik Hebatnya TNI AL: Penggagas Konsep SSAT

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 28 September 2022 | 14:14
(ilustrasi) kapal perang TNI AL
tnial.mil.id

(ilustrasi) kapal perang TNI AL

GRIDVIDEO.ID - Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Soekarno ternyata penggagas Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL.

Fakta tersebut dibongkar oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono belum lama ini.

Lebih mengejutkan lagi, Yudo Marono menyebutkan bahwa fakta sejarah tersebut baru disadari oleh TNI AL sendiri.

Dikutip dari laman tnial.mil.id, SSAT TNI AL terdiri dari kapal atas air, kapal bawah air, pesawat udara, pasukan pendarat serta didukung pangkalan militer.

Pengakuan Yudo Margono sendiri diungkap KSAL sehari setelah bertemu dengan anak dari Soekarno, Megawati Soekarnoputri dalam acara Sarasehan Pembinaan Mental Ideologi dan Shipnaming KRI Bung Karno-396 di Balai Samudera, Jakarta Utara, Senin (20/6/2022).

“Kami sebagai generasi penerus baru paham kalau ternyata penggagas Konsep SSAT TNI AL adalah Bung Karno," tulis Yudo Margono dalam keterangannya, Selasa (21/6/2022).

Tak sampai di situ saja, bahkan dalam acara tersebut Yudo Margono sempat membongkar peran penting Bung Karno dalam terbentuknya TNI AL.

Yudo Margono pun juga membawa serta sejumlah dokumentasi Bapak Proklamator tersebut terkait pendirian TNI AL.

Baca Juga: Sinyal Perang Dunia 3 Mulai di Laut China Selatan, TNI AL Gerak Cepat Pindah Pangkalan Militer ke Lokasi Strategis

Dokumentasi peran Bung Karno dalam pendirian TNI AL termasuk pembentukan konsep SSAT dipasang berjejer di sepanjang pintu masuk Gedung Balai Samudera.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest