Follow Us

Waspada Sariawan Tak Kunjung Sembuh, Begini Penjelasan Dokter

Rara A - Minggu, 25 September 2022 | 17:55

GRIDVIDEO - Sariawan atau recurrent aphthous stomatitis (RAS) adalah penyakit rongga mulut yang paling sering kita alami.

Umumnya sariawan tidak membutuhkan perawatan khusus karena bisa sembuh dengan sendirinya.

Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut, drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D mengatakan terdapat beberapa jenis perawat untuk sariawan.

Perawatan sariawan umumnya berdasar pada aktor predisposisi yang paling dominan pada pasien.

Namun garis besar penanganan bisa dibedakan menjadi tiga yaitu perawatan non farmakologis, terapi farmakologis (analgesik atau antiinflamasi dan antibiotik topikal), serta terapi kortikosteroid topikal.

"Namun saya selalu berfikir bahwa yang paling membedakan adalah karakter atau pribadi seseorang," kata drg. Erni Marliana.

"Orang dengan sariawan yang berat sekalipun tetapi karena dia tidak merasa sesuatu itu parah, biasanya akan lebih mudah sembuh atau lebih cepat hilang rasa sakitnya."

Hal yang perlu kita waspadai jika sariawan tidak kunjung sembuh hingga dua minggu.

Apabila dalam dua minggu, sariawan belum sembuh atau berkurang sama sekali, segeralah pergi ke dokter.

Dilansir dari health.tribunnews.com, sariawan ada beberapa macam.

Ada sariawan yang tidak berpotensi ganas seperti recurrent aphthous stomatitis namun ada sariawan yang berpotensi ganas.

Artinya sariawan bisa berubah menjadi ganas dan tidak.

Sementara itu, terdapat pula sariawan yang memang sudah ganas dari sejak muncul.

Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut, drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D menjelaskan salah satu ciri sariawan yang ganas atau berpotensi ganas adalah tidak membaik dalam dua minggu.

Meskipun sudah menanganinya dengan obat, bila tidak ada perubahan sama sekali pada sariawan, disarankan untuk segara menghubungi dokter gigi.

Source : Tribunnews.com

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest