Follow Us

Ada Penembak Brigadir J yang Belum Diungkap, Komnas HAM Mencurigai Sosok Ini

Hery Prasetyo - Sabtu, 10 September 2022 | 07:00
Ada Penembak Brigadir J yang Belum Diungkap, Komnas HAM Mencurigai Sosok Ini

GRIDVIDEO - Komnas HAM menganalisis, yang menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sangat mungkin bukan hanya Bharada E dan Ferdy Sambo, tapi ada pihak ketiga yang ikut menembak.

Salah satu sosok yang dicurigai Komnas HAM sebagai salah satu penembak Brigadir J adalah istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Dugaan dan kecurigaan itu dilemparkan Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik dalam acara "Rosi" di Kompas TV, Kamis (8/9/2022) malam.

BACA JUGA: Berkas Perkara Tersangka Pembunuhan Brigadir J Dikembalikan, Ini Penjelasannya

Brigadir J ditembak Bharada E atas perintah Ferdy Sambo di rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, 8 Juli 2022.

Selain Bharada E, Ferdy Sambo juga menembak Brigadir J, namun ia sempat membantahnya.

Tentang tembakan itu ditanyakan Rosi kepada Ahmad Taufan Damanik, "Anda mencurigai tembakan ini bisa bertubi-tubi? Ada dua versi di rekonstruksi Sambo tidak mengakui?"

Komnas HAM mengaku menemukan bukti, peluru yang menembus Brigadir J tidak satu jenis.

BACA JUGA: Tangis Pecah Usai Dengar Perkataan Sosok Ini, Bripka RR Pun Berjanji Lawan Ferdy Sambo, Kondisinya Disebut Lebih Menyedihkan Dibanding Bharada E!

"Sambo tidak mengaku, kami temukan bukti dari autopsi dan uji balistik. Jenis pelurunya tidak satu dan lebih dari satu senjata," kata Ahmad Taufan Damanik.

"Bisa jadi lebih dari dua senjata dan kemungkinan ada pihak ketiga. Ada pihak ketiga dalam penembakan Yosua," lanjutnya.

Dalam pembicaraan khusus di internal Komnas HAM, kata Ahmad Taufan, tidak hanya Bharada RE atau Ferdy Sambo yang menembak, tapi ada satu lagi yang menembak Brigadir J.

Editor : Hery Prasetyo

Baca Lainnya

Latest