Follow Us

Cari Tahu Soal Flightradar24, Situs untuk Melacak Pesawat Komersil dan Militer yang Beroperasi

Imadudin Adam - Selasa, 30 Agustus 2022 | 17:15

Grid Video - Dalam sehari, lebih dari 200 ribu penerbangan lepas landas di seluruh dunia.

Itu sudah termasuk berbagai macam pesawat mulai dari pesawat kargo, pesawat komersil, sampai kepada pesawat militer.

Sebagian besar pesawat itu memiliki sebuah transponder alias alat untuk mengkomunikasikan posisi pesawat dan data penerbangan lainnya kepada ATC (pengendali lalu lintas udara), dan sinyal tersebut bisa ditangkap dengan mesin penerima (receiver) berbasis teknologi yang disebut ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast).

Hal itulah yang kemudian dilakukan websiten Flightradar24 yang melacak setiap penerbangan dengan menggunakan snapshot real-time dari segala macam hal yang ada di langit.

Baca Juga: Buat Geger, Pengasuh Rayyanza Disebut Baru Sadar Dirinya Menjadi Pegawai Raffi Ahmad Dan Nagita Slavina Usai Lakukan Hal Ini!

Flightradar24, bagian dari kelompok layanan pelacakan penerbangan ternama selain Flight Aware dan Plane Finder, dibentuk di Swedia pada 2006.

Direktur Komunikasi Flightradar24, Ian Petchenik mengatakan terbentuknya situs ini "benar-benar tanpa sengaja", sebagai cara untuk mengarahkan lalu lintas udara menjadi layanan perbandingan harga penerbangan.

Untuk mengumpulkan data agar lebih akurat, Flightradar24 membangun jaringan receiver ADS-B sendiri, yang disebut terbesar di dunia dengan sekitar 34.000 unit, meliputi daerah-daerah terpencil seperti Antartika.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest