Follow Us

Masih Ingat Lumpur Lapindo? Kini Tempat Itu Disebut-sebut Penghasil Hal Mengerikan Terbesar di Bumi, Apa Itu?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 17:57

GRIDVIDEO.ID - Salah satu bencana yang cukup menggemparkan di Indonesia bahkan membuat dunia internasional terkejut adalah munculnya lumpur Lapindo.

Namun usai bertahun-tahun tak terdengar kabarnya, bagaimana keadaan lumpur Lapindo sekarang?

Melansir dari National Geographic Indonesia, hal mengejutkan justru ditemukan pada Lumpur Lapindo belum lama ini.

Diketahui usai diadakannya studi terbaru di lokasi bencana Lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, ditemukan hal yang mengejutkan.

Baca Juga: Dari Tanah Longsor Aneh Hingga Bayi Lahir Dengan 3 Hati, Kota Ini Disebut Terkutuk Hingga Tak Ada yang Berani Menyebut Namanya!

Ternyata jumlah emisi gas metana dari semburan Lumpur Sidoarjo atau Lumpur Lapindo merupakan yang terbesar yang dihasilkan dari sebuah manifestasi gas alam di bumi.

Laporan studi tersebut telah diterbitkan di jurnal Scientific Reports pada 18 Februari 2021.

Sebagai informasi, Lumpur Sidoarjo (Lusi) atau Lumpur Lapindo (Lula) adalah sebutan untuk manifestasi gas yang muncul sejak tahun 2006.

Lokasi kejadian bencana alam tersebut berada di bekas pengeboran minyak PT Lapindo Brantas di Sidoarjo, Pulau Jawa, Indonesia.

Baca Juga: Bukan Soal Pemerintahan, Ternyata Ini Perintah Pertama Bung Karno Usai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Berkaitan Dengan Makanan!

Meski telah ditanggulangi, namun kini Lusi merupakan letusan klastik aktif terbesar di dunia.

Sejak kemuncuculannya, Lusi tak henti-hentinya menyemburkan air, minyak, gas, dan lumpur, dengan laju aliran puncak hingga 180.000 meter kubik per hari.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest