Follow Us

Masyarakat Diminta Hati-hati! BMKG Umumkan Potensi Cuaca Ekstrim Termasuk di Jawa dan Bali, Ini Sebabnya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:56

GRIDVIDEO.ID - Jelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77, cuaca ekstrem diperkirakan bisa melanda sebagian wilayah Indonesia.

Badan Meteorogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kabar terkait cuaca ekstrem yang bisa melanda Indonesia dalam waktu dekat ini.

Bahkan menurut BMKG, cuaca ekstrem tersebut bisa melanda pulau-pulau yang padat penduduk seperti Jawa dan Bali.

Dalam keterangannya, BMKG menyebutkan cuaca ekstrem yang melanda Indonesia dalam waktu dekat ini dipengaruhi oleh siklon tropis Mulan.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Taman Nasional Baluran, Punya Savana Terluas di Pulau Jawa, Penuh Flora Fauna

Melansir dari Kompas.com, adanya siklon tropis Mulan yang akan berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Indonesia, terutama potensi cuaca ekstrem.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengungkapkan bahwa siklon tropis Mulan terpantau di Laut China Selatan dengan kecepatan angin maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum 996 mb.

Selain itu disebutnya bahwa sistem seperti ini bergerak ke arah barat laut dengan intensitas yang persisten selama 24 jam ke depan.

Hal itu menyebabkan sistem menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) di wilayah Laut China Selatan.

Baca Juga: Sering Pingsan Saat Syuting, Artis Ini Harus Terima Kenyataan Hidup Dengan Satu Ginjal Hingga Pantang Makan Makanan Ini!

Kini sirkulasi siklonik terpantau berada di perairan timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi).

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest