Follow Us

Hal-hal Menarik Soal Gurun Sahara, dari Alamnya Sampai Soal Makhluk Mengerikan

Imadudin Adam - Senin, 08 Agustus 2022 | 07:27

Grid Video - Gurun Sahara secara mengejutkan viral di platform TokTok di mana berbagai hal menarik soal gurun ini membuat takjub banyak orang.

Tentunya Gurun Sahara memang selalu menjadi daya tarik salah satunya adalah soal salju yang turun di gurun terbesar dunia ini.

Misalnya, Salju yang terbentuk pada Januari 2022 lalu. Mengutip Daily Mail, Rabu (19/1/2022), fotografer Karim Bouchetata menangkap gambar menakjubkan dari salju dan es di Kota Ain Sefra di barat laut Aljazair Selasa 18 Januari.

Tingkat merkuri di kota Aljazair kala itu anjlok ke -2 derajat Celcius (28F). Es menciptakan pola yang menakjubkan di pasir setelah daerah itu melihat percikan salju turun secara tak terduga.

Selain itu ada juga hal menarik lainnya mengenai Gurun Sahara yaitu soal hutan lebat yang ada di sana.

Baca Juga: Tangis Istri Ferdy Sambo dan Nyanyian Bharada E, Ditingkahi Penangkapan Sopir dan Ajudan

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Science Advances, bukti menunjukkan bahwa gurun Sahara sebelumnya pernah mengalami periode basah sekitar 8 ribu tahun lalu.

Hal tersebut menandakan jika sebelumnya Gurun Sahara merupakan wilayah hijau nan subur.

Melalui analisis sedimen laut, para peneliti di University of Arizona menemukan bahwa pola curah hujan selama 6.000 tahun di Sahara menunjukkan hasil yang menarik. Tim yang dipimpin oleh UA telah mengidentifikasi pola iklim di Sahara pada waktu yang ternyata memiliki curah hujan 10 kali lebih banyak dari saat ini.

Tak hanya itu, hal menarik selanjutnya yaitu hadirnya makhluk mengerikan di wilayah ini.

Penelitian baru mengungkapkan beberapa makhluk laut terbesar (dan mungkin paling menakutkan) hidup di tempat yang sekarang disebut Gurun Sahara. Semua makhluk laut prasejarah digambarkan menakutkan.

"Ekosistem Mali kuno memiliki banyak predator puncak termasuk Crocodyliformes, Serpentes, dan Amiidae, beberapa di antaranya adalah di antara spesies terbesar dalam clade mereka," tulis koran itu.

Semua hewan itu ternyata merupakan hewan mengerikan dan hewan pembunuh.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest