Follow Us

Seisi Rumah Bisa Hangus Terbakar, Awas Kondisi Tutup Tabung Gas LPG Seperti Ini Bisa Jadi Malapetaka!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 18 Juli 2022 | 17:17

GRIDVIDEO.ID - Banyak pemberitaan mengenai rumah terbakar lantaran bermula dari meledaknya tabung gas di dapur.

Hal itupun membuat banyak ibu rumah tangga was-was ketika ingin memasak menggungakan bahan bakar gas.

Apalagi beberapa waktu lalu, beredar video yang menyebutkan bahwa tabung gas LPG 3 kg dengan segel merah adalah barang palsu.

Melansir dari Kompas.com, VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman buka suara soal isu adanya tabung gas LPG 3 kg palsu.

Baca Juga: Ingin Membuat Es Krim Plum, Yuk Simak Resep dan Cara Bikinnya

Dalam keterangannya, Fajriyah mengungkapkan bahwa tabung gas LPG 3 kg memang berisi zat cair.

"Namanya LPG, itu kan liquified memang itu isinya air. Jadi nantinya air akan berubah menjadi gas ketika ada tekanan tertentu," ujar Fajriyah saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (17/9/2019).

Namun terkait soal warna segel, ia juga menyampaikan bahwa tidak benar jika segel berwarna merah adalah tabung gas LPG palsu.

Ia menyampaikan bahwa tutup gas ada yang berwarna biru dan merah dan secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni seal cap dan plastic wrap.

Baca Juga: Jangan Terburu Beli Baru, Ini Cara Tajamkan Gunting Tumpul

"Seal cap digunakan menutup valve tabung LPG yang sudah diisi di mana warnanya sesuai dengan stasiun pengisian di wilayah tertentu. Plastic wrap merupakan plastik yang menutupi sealcap sebagai identitas agen untuk mendistribusikan tabung LPG 3 kg," ujar Fajriyah.

Sementara itu, ia memberi saran untuk masyarakat bagaimana membedakan tabung gas asli atau palsu dengan mengecek sebelum membeli tabung LPG.

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest