Follow Us

Gempa Magnitudi 7,5 Munculkan Pulau Baru di Tanimbar, Maluku!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 12 Januari 2023 | 14:34

GRIDVIDEO - Heboh kemunculan pulau baru yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku usai gempa mengguncang.

Munculnya pulau baru tersebut menghebohkan warga Desa Teinema, Kecamatan Wuar Labobar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Bagaimana tidak? sebelum kemunculan pulau baru tersebut, wilayah di Maluku dan sekitarnya sempat diguncang gempa dengan magnitudo 7,5.

Kemunculan pulau baru di dekat tempat tinggal mereka ternyata membuat warga Tanimbar menjadi was-was.

Bukan tanpa alasan, warga Desa Teinema justru takut akan adanya bencana alam yang bakal terjadi usai kemunculan pulau baru tersebut.

Lalu apa kata ahli soal fenomena kemunculan pulau baru pasca gempa dahsyat?

Melansir dari Kompas.com, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku, Herfien Samalehu mengungkapkan bahwa kemunculan pulau baru di Tanimbar pasca gempa memang sebuah hal yang wajar.

Kemunculan pulau baru tersebut disebabkan karena adanya deformasi regional yang mengakibatkan kemunculan dataran yang membentu sebuah pulau baru.

“Dalam hal ini kenaikan daratan di Teinema, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, merupakan blok yang naik secara keseluruhan dalam hal ini tidak berpengaruh signifikan terhadap wilayah Tanimbar,” kata Herfien.

Lulusan Doktor Teknik Geologi Universitas Gadja Mada (UGM) ini menambahkan, fenomena kemunculan pulau baru ini hampir serupa dengan yang terjadi di Aceh dan Nias.

“Sebagai contoh beberapa kejadian gempa seperti Gempa Aceh, Nias, di mana terjadi pengangkatan di sekitar Pulau Simeuleu, namun terdapat pula blok yang turun atau subsidens hingga 1 meter di sepanjang garis pantai di Aceh,” tambahnya.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest