Follow Us

Serangan Darat Besar-besaran Kabarnya Bakal Dilancarkan Rusia

Imadudin Adam - Minggu, 18 Desember 2022 | 22:20

GRIDVIDEO - Ukraina menuduh Rusia bakal melancarkan serangan darat besar-besaran di awal tahun baru.

Saat ini kondisi militer Rusia kabarnya mengalami kemunduran.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan sejumlah pejabat senior telah mengingatkan agar Kyiv dan para sekutunya berhati-hati dan tidak berpuas diri dengan situasi belakangan ini.

Menurut para jenderal senior, serangan itu mungkin terjadi di wilayah Donbass timur, selatan, atau bahkan mendekati Kyiv.

Sementara itu, para analis Barat menilai kemampuan Rusia melakukan operasi darat yang sukses telah menurun dengan cepat.

Perwira militer paling senior Inggris, Laksamana Sir Tony Radakin mengatakan bahwa perang hanya akan membuat situasi Moskwa lebih buruk lagi.

Baca Juga: Video Potret Rumah Dari Negara Untuk Jokowi Usai Tak Jadi Presiden

Sebab menurut dia, Rusia tengah kekurangan amunisi artileri yang kritis.

Dalam serangkaian pernyataan pers, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengeklaim bahwa ada semakin banyak bukti yang menunjukkan Rusia tengah merencanakan serangan baru yang luas, meski mereka telah menghadapi serangkaian kekalahan di medan perang.

Reznikov berspekulasi bahwa serangan itu mungkin terjadi pada Februari, tepat ketika setengah dari 300.000 tentara yang mengikuti program wajib militer Rusia untuk menyokong perang di Ukraina akan selesai berlatih.

Sementara itu, The Economist melaporkan bahwa serangan dapat terjadi setelah Januari, namun lebih mungkin pada musim semi. Prediksi itu bersumber dari Zelensky, Panglima militer Ukraina Jenderal Valery Zaluzhny dan Komandan Angkatan Darat Jenderal Oleksandr Syrskyi dalam wawancara mereka baru-baru ini.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest