Follow Us

2 Menteri Mengundurkan Diri, Buntut dari Korban Tewas Protes Peru

Imadudin Adam - Minggu, 18 Desember 2022 | 22:18

GRIDVIDEO - Pejabat Peru menggelar pembicaraan untuk menyelesaikan krisis politik usai digulingkannya presiden Pedro Castillo.

Dewan Negara yang terdiri dari wakil-wakil dari semua cabang kekuasaan negara dan para pemimpin gereja di negara Amerika Latin itu mengadakan pertemuan di ibu kota, Lima menurut laporan BBC pada Sabtu (17/12/2922).

Sebelumnya, dua menteri pemerintah mengundurkan diri, menyusul protes keras berhari-hari karena pemakzulan Pedro Castillo pada 7 Desember 2022.

Dalam perkembangan lain, ribuan turis terjebak di kota Cusco setelah pengunjuk rasa memaksa penutupan bandara setempat.

Baca Juga: Video Potret Rumah Dari Negara Untuk Jokowi Usai Tak Jadi Presiden

Peru telah melalui kekacauan politik selama bertahun-tahun, dengan krisis terbaru memuncak ketika Castillo mengumumkan dia membubarkan Kongres dan memberlakukan keadaan darurat.

Protes juga mempengaruhi industri pariwisata negara itu. Wali Kota Cusco mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa sekitar 5.000 turis terlantar di kota itu, karena bandara di sana ditutup setelah pengunjuk rasa mencoba menyerbu terminal.

Kota ini adalah pintu gerbang ke Macchu Picchu, sebuah benteng Inca kuno yang dikunjungi oleh ratusan ribu orang setiap tahunnya.

Sekitar 800 turis juga terjebak di kota kecil di kaki gunung tempat benteng itu berdiri, karena jalur kereta api yang melayaninya terhenti.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest