Follow Us

Kisah Manuskrip Ulama-ulama Jawa Timur di Arab Saudi Sampai Jadi Bahan Pendidikan S3

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 15 Desember 2022 | 15:11

GRIDVIDEO - Manuskrip atau tulisan dari Ulama-ulama Jawa Timur ditemukan berada di Arab Saudi hingga dipakai untuk pendidikan Strata 3 (S3) di sana.

Hal itu diungkapkan sendiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sebuah kesempatan baru-baru ini.

Khofifah mengungkapkan, sudah tiga tahun berjalan pihaknya melakukan penyisiran manuskrip karya ulama-ulama Indonesia di luar negeri.

Bahkan ada salah satu karya dari Kyai Mahfud Termas, Pacitan ditemukan Khofifah berada di Riyadh, Arab Saudi.

Sabtu (10/12/2022) Khofifah pun menceritakan pengalamannya saat mengenemukan manuskrip dari Ulama-ulama Jawa Timur tersebut.

Baca Juga: Ulangi Zaman Ummayah, Timnas Maroko Dihentikan Pasukan Prancis, Ini Sejarahnya!

Selain itu, Khofifah menambahkan banyak karya dari para ulama asal Indonesia sering dijadikan referensi pendidikan oleh negara-negara timur tengah.

"Bahkan ada yang menjadi buku panduan untuk program S3 di salah satu perguruan tinggi negeri di Riyadh."

"Satu kitab 7 jilid dan beliau mengarang dua kitab masing-masing 7 jilid, tebal-tebal dan itu ternyata adalah karya Kyai Mahfudz Termas, Pacitan itu menuliskan dua karya, masing-masing 7 jilid," kata Khofifah dikutip dari Kompas.com.

Tak jarang hasil tulisan dari Ulama-ulama Indonesia tersebut dipamerkan di sejumlah acara termasuk di pameran bertema peradaban dan peradaban dunia di Riyadh, 27 November lalu.

Khofifah menambahkan, sangat pentingnya tulisan dari Ulama-ulama asal Indonesia itu tak lain karena berisi tentang pengajaran islam moderat.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest