Follow Us

20 Kali Kecepatan Suara, Rudal Hipersonik ARRW Diklaim Jadi Senjata Militer Terhebat!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 15 Desember 2022 | 13:13

GRIDVIDEO - Militer Amerika Serikat (AS) baru-baru ini suskses melakukan uji coba tembakan pertama rudal hipersonik AGM-183A atau ARRW.

Rudal hipersonik ARRW disebut-sebut memiliki kecepatan maksimum Mach 20 atau sekitar 24.000 km/jam.

Dikutip dari Space.com, Senin (12/12/2022) uji coba pertama kali rudal hipersonik ARRW tersebut dilakukan oleh Angkatan Udara AS (USAF).

Sebagai informasi, rudal hipersonik AGM-183A ini dirancang oleh pabrikan militer asal AS< Lockheed Martin dan dibangun oleh DARPA.

Pembuatan rudal hipersonik sebagia senjata militer baru AS ini dilaksanakan dalam program Air-launched Rapid Response Weapon atau ARRW (panah).

Baca Juga: Rusia Diduga Produksi Senjata Militer Paling Kuat, Ini Buktinya!

Untuk uji coba rudal hipersonik ARRW ini sediri diklaim telah mencapai kesempurnaan.

“Tes ini adalah peluncuran pertama dari prototipe rudal operasional penuh,” dikutip dari keterangan USAF.

Pejabat Eksekutif Program Direktorat Persenjataan USAF, Jenderal Jason Bartolomei mengaku puas dengan pencapaian senjata militer baru AS tersebut.

“Tim ARRW berhasil merancang dan menguji rudal hipersonik yang diluncurkan dari udara dalam lima tahun. Saya sangat bangga dengan keuletan dan dedikasi yang ditunjukkan tim ini untuk memberikan kemampuan vital bagi prajurit kami,” kata Bartolomei.

Rudal hipersonik ini sendiri dirancang sebagai senjata militer yang dapat menghancurkan target tatap bernilai tinggi seperti situs rudal musuh, stasiun radar, instalasi udara, fasilitas markas musuh.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest