Follow Us

Singapura, Malaysia, Brunei, dan Thailand Daftarkan Kebaya ke UNESCO, Ini Penyebabnya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 26 November 2022 | 19:19

GRIDVIDEO.ID - Baru-baru ini jagad media sosial Indonesia digegerkan dengan kabar empat negara ASEAN yang akan mengklaim kebaya sebagai warisan budaya mereka.

Bahkan keempat negara ASEAN, Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand kini telah mendaftarkan kebaya ke Badan Warisan Budaya Dunia (UNESCO).

Dalam hal ini, keempat negara tetangga Indonesia tersebut mengklaim bahwa kebaya merupakan warisan budaya takbenda mereka.

Melansir dari Kompas.com, Dewan Warisan Nasional Singapura (NHB) mengumumkan pendaftaran kebaya yang juga melibatkan tiga negara ASEAN lainnya.

Hal itu dilakukan pada Rabu, (23/11/2022) yang lalu.

Baca Juga: Laut China Selatan Jadi Medan PD 3 Oleh Militer Tiongkok dan AS? TNI AL Langsung Pimpin Militer ASEAN Lakukan Hal Ini!

Upaya multinasional kebaya yang didaftarkan ke UNESCO ini dikoordinasi oleh Malaysia.

Mengutip dari Channel News Asia, keempat negara tersebut kini tengah membicarakan terkait detail pendaftaran kebaya sebagai warisan budaya bangsa mereka.

“Brunei, Malaysia, Singapura, dan Thailand sepakat untuk bekerja sama dalam nominasi multinasional ini karena kebaya mewakili dan merayakan sejarah bersama yang kaya di kawasan ini, mempromosikan pemahaman lintas budaya, dan terus hadir dan secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di seluruh Asia Tenggara," kata NHB.

Meski dimulai dengan tiga negara tetangganya, Singapura juga tidak menutup kesempatan negara lain untuk bergabung mendaftarkan kebaya ke UNESCO.

Sebagai informasi, UNESCO pada tahun 2008 silam mengembakan terkait Daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan di seluruh dunia.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest