Follow Us

Disentil Presiden Jokowi, Gaya Hidup Petinggi Polri Dipantau Kompolnas

Rara A - Minggu, 16 Oktober 2022 | 16:30

GRIDVIDEO - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) akan mengawasi gaya hidup para petinggi Polri sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi memang sempat memberi arahan langsung pada seluruh pejabat Polri untuk tidak memperlihatkan gaya hidup mewah.

Terutama karena kondisi saat ini sedang dalam perkembangan resesi ekonomi global.

Mengingatkan tentang hal itu, Presiden Jokowi meminta anggota Polri untuk memiliki sense of cricis.

Mengikuti arah Presiden Jokowi tersebut, anggota Kompolnas, Yusuf Warsyim mengatakan akan melaksanakan fungsi pengawasan termasuk soal gaya hidup mewah.

"Dalam pelaksanaan fungsi pengawasan, poin-poin arahan Presiden terhadap Polri akan dipantau dan dilakukan penilaian oleh Kompolnas, Termasuk gaya hidup mewah," ujar Yusuf.

Nantinya, hasil dari pengawasan Kompolnas, akan diserahkan kepada Presiden Jokowi.

"Hasil pantauan Kompolnas akan disampaikan kepada Presiden dan juga Kapolri. Kami akan terus memantau gaya hidup anggota Polri yang dimaksud Presiden," kata Yusuf.

Meski begitu, dia yakin seluruh anggota Polri sudah paham dengan arahan dari Presiden Jokoei.

Selain dari RI 1, di dalam Tri Brata dan Catur Prasetya serta Kode Etik Profesi, ada tuntutan untuk tidak memperlihatkan gaya hidup mewah.

“Karena bagaimana pun dalam Tri Brata dan Catur Prasetya serta Kode Etik Profesi, telah ada tuntutan kepada anggota Polri untuk tidak menunjukan bergaya hidup mewah,” tutur Yusuf.

Yusuf menjelaskan, jika Presiden ingin menekankan agar anggota Polri tergugah untuk berkominmen dan konsisten dalam mengejawantahkan Tri Brata dan Catur Prasetia serta Kode Etik Profesi.

Source : Kompas.com

Editor : Rara A

Baca Lainnya

Latest