Follow Us

Top Video - Terungkap Setelah 140 Tahun Ditemukan, Mumi Firaun Amenhotep I Memakai 30 Jimat dan Korset Emas

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:17

GRIDVIDEO - Misteri mumi Amenhotep i yang sudah ditemukan pada 140 tahun lalu, semakin terungkap.

Mumi Firaun yang mati muda itu dihiasi perhiasan mewah dan dipenuhi jimat.

Bahkan, para arkeolog mengatakan, mumi Amenhotep I mengenakan 30 jimat dan korset emas, serta manik-manik emas.

Karena memiliki perhiasan lengkap dan diperlakukan secara istimewa, para peneliti sejak lama tak berani melakukan penelitian secara sembarangan.

Sehingga, meski sudah ditemukan 140 tahun lalu, namun baru penelitian saat ini yang banyak mengungkap perihal mumi Amenhotep I.

Para arkeolog sampai menahan diri untuk tidak membuka makam mumi Amenhotep I untuk melestarikan topeng wajah dan perbannya yang indah.

Mumi Amenhotep I, yang memerintah dari tahun 1525 hingga 1504 SM, ditemukan di sebuah situs di Deir el-Bahari sekitar tahun 1882.

Baru pada tahun 2021, mumi Amenhotep I berhasil dipelajari, untuk pertama kalinya dalam ribuan tahun setelah dibuka secara digital.

Pemindaian topografi komputer (CT) kini telah mengungkapkan informasi yang sebelumnya tidak diketahui tentang firaun dan penguburannya.

Dr Sahar Saleem, profesor radiologi di Universitas Kairo dan penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Medicine, mengatakan, hasil penelitian menunjukkan Amenhotep I berusia sekitar 35 tahun ketika meninggal.

"Dia tingginya sekitar 169 cm, disunat, dan memiliki gigi yang bagus."

"Dalam balutannya, dia mengenakan 30 jimat dan korset emas unik dengan manik-manik emas," katanya kepada PA Media melansir BBC pada Selasa (28/12/2021).

Editor : Hery Prasetyo

Baca Lainnya

Latest