Follow Us

Kominfo Blokir Tujuh PSE, Serangan Balik Warganet Lewat Tagar #BlokirKominfo Mendunia

Hery Prasetyo - Sabtu, 30 Juli 2022 | 15:29

GRIDVIDEO - Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi memblokir tujuh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat di Indonesia, Sabtu (30/7/2022), dan langsung direspons warganet dengan perlawanan tagar #BlokirKominfo.

Sebanyak tujuh platform yang diblokir Menkominfo itu adalah PayPal, Yahoo, Epic Games, platform distribusi fame, Steam, dan platform game seperti Dota, Counter Strike, dan Origin.

Tentu saja, para pengguna game banyak yang kebakaran jenggot.

Dipantau dan dirangkum KompassTekno, banyak protes warganet dari kalangan pecinta game.

Twit protes wargane dan gamer pun menyebar dengan hastag #BlokirKominfo disertai sejumlah meme.

Ternyata, tagar itu menjadi populer dengan cepat.

Sehingga, tagar #BlokirKominfo masuk ke daftar trending topic dunia di Twitter, bahkan berada di posisi teratas.

Hingga pukul 11.30 WIB, Sabtu (30/7/2022), twit yang menggunakan hastag #BlokirKominfo mencapai lebih dari 40.000 twit dan sampai sekarang masih terus bertambah.

<blockquote class="twitter-tweet"><p lang="en" dir="ltr">Cristiano Ronaldo announces he’s back with Manchester United team as he’s gonna play friendly game vs Rayo Vallecano: “Sunday, the king plays”, he just commented. ???????????? <a href="https://twitter.com/hashtag/MUFC?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#MUFC</a><br><br>Here’s his message on Instagram: <a href="https://t.co/HrPzk0Rzur">pic.twitter.com/HrPzk0Rzur</a></p>&mdash; Fabrizio Romano (@FabrizioRomano) <a href="https://twitter.com/FabrizioRomano/status/1553087813075320834?ref_src=twsrc%5Etfw">July 29, 2022</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Kebanyakan twit yang membubuhkan hastag "BlokirKominfo mengungkapkan kekecewaan atas tindakan Kementerian Kominfo dalam memblokir 7 PSE tersebut.

Akun @Vertgod420, misalya, mengatakan bahwa pemblokiran yang dilakukan Kominfo tidak menyelamatkan Indonesia, melainkan justru mengacaunya.

"Satu kata dari seluruh freelance dan streamer di seluruh Indonesia buat instansi satu ini. #BlokirKominfo," demikian twit akun @Pistachiococola.

Banyak warganet yang berpendapat, tindakan Kominfo memblokir Steam, Dota, Epic Games, Counter Strike, dan Origin tak ubahnya sebuah upaya yang mematikan industri e-sports di Indonesia.

Sementara itu, akun Twitter @rakata07 menilai pemblokiran yang dilakukan Kominfo merupakan pelanggaran hak asasi manusia berskala negara.

Source : Kompas.com

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest