Follow Us

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Sejumlah Negara yang Menganut Paham Komunis di Dunia, Beberapa Masih Eksis!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 22 Juli 2022 | 17:37

GRIDVIDEO.ID - Di era kerterbukaan di dunia seperti sekarang ini, sejumlah negara yang masih menganut ideologi komunisme memang sering jadi sorotan.

Sebagai informasi, melansir dari Intisari, komunisme merupakan doktrin politik, sosial, filosofis dan ekonomi yang bertujuan menggantikan ekonomi berdasarkan keuntungan pribadi dengan kepemilikan bersama untuk produksi-produksi besar.

Tak hanya itu saja, diketahui tujuan lain paham komunisme adalah menghilangkan dua kelas di masyarakat.

Yakni kelas pekerja dan kelas kapitalis yang bertujuan agar kelas kapitalis tidak akan mendapat keuntungan dari kelas pekerja.

Baca Juga: Video Suasana di Dalam Pesawat yang Diterbangkan Capt Boy Beredar, Begini Keadaan Sebelum Sang Pilot Meninggal Dunia!

Namun dalam perjalanannya, idelogi komunisme nyatanya justru melawan prinsip-prinsip yang telah dipegang oleh banyak negara Barat di awal kemunculannya.

Hingga mengakibatkan banyaknya penolakan dari sejumlah negara barat akan ideologi komunisme tersebut seperti yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan negara-negara di Eropa pada awal perang dunia.

Bukan tanpa alasan, hal itu tak lain karena pemerintah komunis mengatur ekonomi negara dan menjadi pemerintah totaliter.

Hal itulah yang sangat ditentang oleh negara-negara kapitalis dan demokratis di Eropa, AS dan seluruh dunia.

Baca Juga: 'Di Leher Ada Jeratan Semacam Tali', Hancur Hati Ayah Brigadir J, Sosok Ini Bongkar Isi CCTV di Rumah Irjen Ferdy Sambo!

Melansir dari World Population Review, komunisme dicetuskan oleh Karl Marx dan Vladimir Lenin.

Dalam perjalanannya konsep dari kedua tokoh tersebut digabungkan hingga berbuah mengenai kepemilikan swasta dan ekonomi terpusat pada keuntungan digantikan dengan kepemilikan publik.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest