'Gue Pulang Linu-linu', Ruben Onsu Justru Alami Hal Tak Terduga Usai Jalani Endoskopi di Singapura, Apa Itu?

Kamis, 04 Agustus 2022 | 17:47

GRIDVIDEO.ID - Sosok Presenter Ruben Onsu masih jadi perhatian banyak pihak usai umumkan soal penyakit yang dideritanya.

Bahkan belum lama ini, Ruben Onsu sampai harus terbang ke Singapura demi menjalani pengobatan.

Namun siapa sangka, usai jalani tindakan medis berupa Endoskopi, suami Sarwendah justru alami hal tak terduga.

Tak sampai di situ saja, Ruben Onsu pun baru-baru ini akhirnya membeberkan apa dampak usai dirinya jalani pengobatan di Singapura.

Baca Juga: Mengetahui Kota Modern Pertama di Indonesia, Kuala Kencana

Melansir dari Kompas.com, Ruben Onsu sempat menjalani pengobatan di Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura.

Dalam proses pemeriksaan yang dijalani, Ruben Onsu juga harus menjalani transfusi darah.

Namun siapa sangka, usai jalani serangkaian proses pengobatan Ruben Onsu mengaku mengalami gejala yang tak mengenakkan.

Sosok ayah Betrand Peto tersebut mengaku alami kurang yang membuatnya terhambat dalam beraktivitas usai pulang ke Indonesia.

Baca Juga: Peringatan HUT RI Sudah Dekat, Hati-hati! Ternyata Memasang Bendera Merah Putih Tak Boleh Asal-asalan, Begini Caranya!

"Di sana, dikasih tahu, mau kasih banyak obat infusan ini. Sekarang enggak sakit, tapi nanti baru ngerasain. Jadi gue pulang linu-linu. Jadi gue ngerasain efeknya," ucap Ruben Onsu dikutip dari kanal YouTube TRANS7 Official, Selasa (2/8/2022).

"Abis endoskopi, enggak bisa makan, eneg. Akhirnya gue dibolehin pulang. Makan enggak ada yang bisa masuk. Itu mual banget. Rasanya enggak enak banget," tutur Ruben Onsu.

Meski demikian, Ruben Onsu mengakui apa yang ia rasakan saat ini adalah tubuhnya mulai membaik.

Dalam proses pengobatannya, Ruben Onsu setidaknya menghabiskan waktu tiga hari di Singapura.

Baca Juga: BMKG Sebut Pesisir Selatan Jawa Berpotensi Tsunami, Waspadai 4 Tipe Pantai Rawan Ini!

"Totalnya tiga hari dua malam gue di sana, fokus buat kesehatan," ujar Ruben.

Lalu apa sebenarnya pemeriksaan Endoskopi yang dijalani oleh Ruben Onsu?

Mengutip dari Alodokter, Endoskopi merupakan prosedur medis yang dilakukan untuk melihat organ dalam menggunakan alat khusus yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Prosedur ini memungkinkan dokter mendeteksi masalah kesehatan di dalam tubuh sekaligus mengobati masalah tersebut dengan lebih tepat.

Endoskopi adalah prosedur medis yang dilakukan dengan endoskop, yaitu alat berbentuk selang yang dilengkapi dengan kamera dan senter pada bagian ujungnya.

Baca Juga: Instagram Amy Qanita Dibanjiri Doa, Sosok Terdekat Raffi Ahmad Dikabarkan Alami Stroke, Ini Gejalanya!

Kamera pada endoskop tersambung ke monitor yang akan menunjukkan gambar atau yang ditangkap oleh kamera tersebut di dalam tubuh.

Kondisi yang Membutuhkan Endoskopi

Pemeriksaan endoskopi dilakukan untuk menentukan penyebab dari keluhan yang dialami pasien dan mendeteksi secara tepat lokasi sumber masalah kesehatan yang terjadi di dalam tubuh.

Dokter umumnya akan menyarankan prosedur endoskopi jika pasien mengalami keluhan atau masalah kesehatan berikut:

  • Gangguan saluran cerna, seperti tukak lambung, sulit menelan, penyakit asam lambung (GERD), radang usus, sembelit kronis dan perdarahan saluran cerna
  • Gangguan saluran pernapasan, meliputi batuk berdarah, batuk kronis, jalan napas tersumbat, sesak napas, dan tumor paru
  • Gangguan pada saluran kemih, seperti batu kandung kemih, tumor kandung kemih, kencing berdarah, dan cedera pada saluran kemih
  • Gangguan pada organ reproduksi, seperti perdarahan vagina, radang panggul, miom dan kista rahim, kelainan bentuk rahim, serta kanker rahim
(*)

Baca Juga: Tiba-tiba Keluar Darah Dari Tubuh Ruben Onsu, Penyakit Suami Sarwendah Ternyata Penyempitan Sumsum Tulang Belakang? Apa Itu?

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya