Follow Us

Makanan Manis ini Konon Bisa Memicu Kebotakan pada Pria!

Imadudin Adam - Rabu, 18 Januari 2023 | 16:35

GRIDVIDEO - Male Pattern hair loss (MPHL) alias kebotakan pada pria merupakan sebuah kerontokan rambut paling umum yang dialami pria.

Bahkan dalam sebuah riset yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Melbourne, ditemukan, masalah ini dialami oleh sekitar 30-50 persen pria di umur 50 tahun.

Konsumsi gula pun digadang-gadang menjadi penyebabnya.

Untuk membuktikannya, baru-baru ini tim peneliti dari Tsinghua University, Beijing, China meneliti hubungan antara konsumsi minuman dengan pemanis dan kebotakan pria.

Hasilnya, studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients tersebut pun menemukan, konsumsi minuman dengan pemanis yang tinggi memang membuat risiko kebotakan makin tinggi.

Baca Juga: Viral Kisah Suami Istri Pilot yang Tewas Karena Pesawat yang Sama

Dalam studi, para peserta diminta untuk mengisi informasi soal minuman manis yang mereka konsumsi.

Hasilnya, ditemukan bahwa 57,6 persen peserta melaporkan mengalami kebotakan, sementara sisanya tidak.

Selain itu, mereka yang mengalami kebotakan juga mengonsumsi makanan yang digoreng, gula dan madu, manisan dan es krim, serta mengonsumsi sayuran lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak menderita penyakit tersebut.

Konsumsi minuman manis per minggunya pun tergolong tinggi, yaitu rata-rata 4,3 liter per minggu. Sementara mereka yang tidak menderita kebotakan hanya mengonsumsi sekitar 2,5 liter minuman manis per minggunya.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest