Follow Us

Breaking News

Presiden Vietnam Mundur karena Isu Skandal Korupsi

Imadudin Adam - Rabu, 18 Januari 2023 | 10:54

GRIDVIDEO - Presiden Vietnam, Nguyen Xuan Phuc mengundurkan diri pada Selasa (17/1/2023).

Dia merupakan anggota paling senior pemerintah yang mundur usai serangkaian skandal korupsi tingkat tinggi yang merupakan tanggung jawabnya.

Dilansir dari Associated Press, Kantor Berita Vietnam melaporkan bahwa dia telah mengundurkan diri pada sesi Komite Sentral Partai Komunis yang berkuasa.

Phuc, 68 tahun, mulai bertugas di pemerintahan di tingkat provinsi pada 1979 dan mengambil posisi pertamanya di pemerintahan nasional pada 2006.

Baca Juga: Ukraina Selangkah Makin Serius Gempur Rusia Dengan Rudal Pemberian Amerika!

Ia bergabung dengan Politbiro, badan partai berpangkat tertinggi, pada 2011, dan menjadi perdana menteri dari 2016 hingga 2021, ketika dia dipilih sebagai presiden oleh Majelis Nasional.

Pernyataan resmi yang diterbitkan di media pemerintah memuji Phuc atas upayanya sebagai perdana menteri dalam memerangi pandemi Covid-19.

Mereka menambahkan, bagaimanapun, bahwa Nguyen Xuan Phuc memikul tanggung jawab politik sebagai eksekutif puncak negara untuk skandal serius yang melibatkan bawahannya, termasuk dua wakil perdana menteri dan tiga menteri lainnya.

Pernyataan tersebut mencatat bahwa dua wakil perdana menteri telah mengundurkan diri dari jabatan mereka dan proses pidana telah diluncurkan terhadap dua menteri dan banyak pejabat lainnya.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest