Follow Us

Militer China Bangun Kapal Induk Nirawak Canggih Pertama di Dunia

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 17 Januari 2023 | 15:11

GRIDVIDEO - Teknologi militer China melesat dengan bukti pembangunan kapal induk tanpa awak nirawak atau tanpa awak pertama di dunia.

Bahkan digadang-gadang kapal induk tanpa awak yang baru dikembangkan oleh militer China ini diklaim mampu melakukan navigasi mandiri di perairan terbuka.

Selain itu, pengontrolan kapal induk tanpa awak ini juga bisa melalui remot.

Zhu Hai Yun, nama yang disematkan oleh Southern Marina Science and Engineering Guangdong Laboratory (SMSEGL) untuk kapal induk nirawak pertama di dunia ini.

Pada Kamis (12/1/2023) kapak induk tanpa awak ini mulai memasuki galangan kapal di Pelabuhan Gaolan, kota Zhuhai, Provinsi Guangdong, China.

Setidaknya SMSEGL memerlukan waktu selama 1,5 tahun untuk proses konstruksi kapal induk tanpa awak pertama di dunia tersebut.

Melansir dari Antara, Jumat (14/1/2023) Zhu Hai Yun sendiri dirancang menggunakan prinsip-prinsip kecerdasan artifisial (artificial intelligent) yang diklaim ramah lingkunan,.

Selain itu, kapal induk nirawak China ini juga didukung sains dalam sistemnya, serta berbentuk futuristik.

Sementara itu, untuk mesin penggerak, propulsi, teknologi artifisial dan sistem-sistem pendukung lainnya dikembangkan secara mandiri oleh para peneliti China.

Pembangunan kapal induk nirawak China ini diklaim oleh Direktur SMSEGL, Chen Dake sebagai kemajuan teknologi militer Tiongkok.

"Zhu Hai Yun nantinya akan menjadi kapal laut tanpa awak pertama yang diuji secara profesional," kata Chen Dake.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest