Follow Us

Visa Kunjungan Bagi Warga Korsel dan Jepang Ditangguhkan China

Imadudin Adam - Rabu, 11 Januari 2023 | 17:42

GRIDVIDEO - Pemerintah China menangguhkan diterbitkannya visa jangka pendek di Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, Selasa (10/1/2023).

Kebijakan itu tampaknya diambil sebagai langkah pembalasan setelah dua negara tersebut mewajibkan tes Covid-19 negatif bagi pelancong dari China.

Kedutaan Besar China di Seoul mengeluarkan pernyataan penghentian sementara waktu segala jenis layanan visa bagi warga Korea Selatan pada Selasa.

Langkah ini diambil karena China menganggap Pemerintah Korea Selatan diskriminatif terhadap warga China yang datang ke Korea Selatan dan mewajibkan mereka lulus tes Covid-19.

Baca Juga: Pembacaan Tuntutan JPU kepada Richard Eliezer Ditunda Minggu Depan, Tunggu Pemeriksaan Putri Candrawathi

China menghentikan layanan visa ini setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qin Gang menelepon Menelepon Korsel Park Jin.

Beijing mengeluhkan kebijakan Korea Selatan yang mewajibkan penumpang pesawat dari China menjalani tes Covid-19. Kebijakan ini, menurut Qin, diskriminatif terhadap warga China.

Tak hanya itu, kebijakan ini juga dilakukan oleh Amerika Serikat, Australia, dan sejumlah negara di Eropa yang meminta bukti negatif covid-19 dari pelancong China dan warga negara lain yang baru bepergian dari China.

Sebagaimana dilansir dari Associated Press (AP), melalui akun resmi di media sosial WeChat, Kedubes China di Seoul mengumumkan penghentian pelayanan visa untuk warga Korsel hingga akhir Januari. Ini termasuk layanan visa pariwisata, keperluan berobat, dan perdagangan.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest