Follow Us

Frekuensi Radio Buat Alien Semakin Dekati Bumi? Tinggal Tunggu Waktu

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 09 Januari 2023 | 19:09

GRIDVIDEO - Sebuah studi baru-baru ini memprediksi momen alien (makhluk luar angkasa) bisa datang ke bumi atau sekedar mengirim pesan ke manusia.

Penelitian tersebut memakai tanda-tanda teknologi Extra Terresetrial (ET) dimana planet ekstrasurya lewat tepat di depan bintang mereka dari sudut pandang Bumi.

Momen itu disebut-sebut para peneliti sebagai waktu yang tepat dan peluang sempurna bagi dunia asing untuk memancarkan sinyal ke penduduk Bumi.

Dengan kata lain, makhluk asing yang sering disebut sebagai alien itu bisa berkomunikasi dengan penduduk bumi di waktu yang diungkap oleh para peneliti tersebut.

Sofia Sheikh, sebagai pemimpin studi tersebut mengungkapkan bahwa transit exoplanet jadi hal yang sangat istimewa.

Ia menambahkan, waktu demikian diprediksi dan bisa jadi peluang alien untuk datang ke Bumi atau sekedar mengirim pesan ke penduduk planet ketiga dari tatasurya Bimasakti.

"Strategi ini membantu kami mempersempit pertanyaan besar tentang di mana dan kapan harus mencari pesan di ruang angkasa yang luas," ungkap Sheikh mengutip dari Live Science, Senin (9/1/2023).

Dalam studi di situs pracetak arXiv yang terbit pada 9 Desember lalu itu akan dijadwalkan publikasi peer-review di The Astronomical Journal tidak menemukan bukti adnaya alien yang cerewet.

Oleh karena itu kini para peneliti tengah mengembangkan teleskop yang mampu menjangkau jarak yang lebih jauh.

Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui benarkan ada makhluk selain penduduk Bumi atau manusia.

Sementara itu, keberadaan bumi disebut-sebut telah diketahui oleh makhluk luar angkasa atau alien telah sejak lama.

Disebut-sebut bahwa komunikasi antaran makhluk Bumi secara tidak sengaja terjalin dengan alien sejak ditemukannya teknologi radio pada akhir abad ke-19.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest