Follow Us

Breaking News

VIDEO VIRAL: Pengendara Motor Beri "Asbak" untuk Pengemudi Mobil yang Merokok di Jalan

Rara A - Selasa, 03 Januari 2023 | 11:30

GRIDVIDEO - Video viral di media sosial memperlihatkan seorang pria memberikan wadah kepada pengemudi mobol yang merokok sambil berkendara.

Pada video itu dijelskan jika abu dari pengemudia mobil mengenai salah satu pengendara motor wanita yang ingin mendahului.

Wanita itu kemudian menghentikan perjalanannya karena abu rokok mengenai matanya.

Aksi pengemudi mobil pun membuat geram pengendara motor yang lain.

Akhirnya oleh si pengunggah video, langsung ditegur dan diberikan wadah untuk dijadikan asbak.

Merokok sambil berkendara memang berbahaya karena bisa merugikan pengendara lain dan berpotensi terjadi kecelakaan.

Pemerhati masalah transportasi dan hukum Budiyanto menilai perlunya penegakan hukum bagi mereka yang merokok saat berkendara.

“Dalam tata cara berlalu lintas yang diatur dalam UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ, pasal 106 ayat (1) menyebut setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi,” kata Budiyanto.

Konsentrasi penuh ini artinya pengendara berkendara dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sejumlah hal.

“Hal ini saya kira sejalan dengan amanah dalam UU LLAJ bahwa setiap orang yang menggunakan jalan wajib berperilaku tertib dan mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan berlalu lintas,” ujar Budiyanto.

Source : Kompas.com

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest