Follow Us

Hujan Ekstrem Diprediksi Mengguyur Jabodetabek dari Sore hingga Dini Hari

Rara A - Jumat, 30 Desember 2022 | 08:56

GRIDVIDEO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya hujan lebat hingga hujan ekstrem di sebagaia Pulau Jawa pada Jumat (30/12/2022) hari ini.

Masyrakat diimbau untuk waspada terkait prediksi cuaca tersebut.

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer dan pemodelan cuaca secara numeris, BMKG memprakirakan adanya potensi peningkatan curah hujan mulai tanggal 30 hingga 31 Desember di beberapa wilayah Indonesia," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Dwikorita pun menjelaskan adanya perbedaan warna pada peda prediksi cuaca di Jawa.

Hujan ekstrem berwarna pink dengan intensitas melampaui 150 milimeter per hari.

Warna merah pada peta memperlihatkan hujan sangat lebat dengan intensitas 100-150 milimeter per hari.

Sementara untuk hujan lebat berwarna oranye dengan intensitas 50-100 milimeter per hari.

"Dari peta ini perlu mewaspadai yang warnanya merah, harusnya kewaspadaan mulai dilakukan ketika warna kuning, apalagi berkembang menjadi oranye, merah dan yang paling parah itu yang berwarna pink. Warna pink itu menunjukkan curah hujan dengan intensitas bisa melampaui 150 milimeter dalam waktusatu hari," kata Dwikorita menjelaskan.

Khusus wilayah Jabodetabek, terlihat ada warna pink dan merah, sehingga masyarakat perlu waspada.

"Prakiraan curah di Jabodetabek untuk besok tanggal 30 Desember. Ini hasil pemodelan, Jabodetabek itu kebanyakan pink sama merah, dan itu merata, sehingga ini yang perlu diwaspadai, ini hujan, ya, bukan badai. Intensitasnya bisa ekstrem," tutur Dwikorita.

"Jadi yang perlu diwaspadai itu di Kabupaten Bekasi bagian utara."

Hujan sangat lebat berpotensi di wilayah Jakarta Barat bagian utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kota Bekasi.

"Untuk potensi hujan lebat, berpotensi terjadi di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor bagian selatan, Depok, dan Jakarta Pusat," ujar Dwikorita.

Hujan di Jabodetabek diprediksi mulai menguat pada sore hari dan berlangsung hingga dini hari setelah pergantian hari ke tanggal 31 Desember 2022.

Source : Tribunnews.com

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest