Follow Us

Nenek 97 Tahun yang Pernah Jadi Sekretaris Kamp Nazi Dihukum

Imadudin Adam - Kamis, 22 Desember 2022 | 20:28

GRIDVIDEO - Pengadilan Jerman pada Selasa (20/12/2022) memvonis seorang wanita berusia 97 tahun yang terlibat lebih dari 10.000 pembunuhan.

Wanita ini berperan sebagai sekretaris komandad SS kamp konsentrasi Nazi di Stutthof selama Perang Dunia II.

Pengadilan negara bagian Itzehoe di Jerman utara memberinya hukuman percobaan dua tahun karena membantu pembunuhan dalam 10.505 kasus dan membantu percobaan pembunuhan dalam lima kasus.

Pengadilan mengatakan para hakim yakin bahwa Furchner, melalui pekerjaannya sebagai juru steno di kantor komandan kamp konsentrasi Stutthof dari 1 Juni 1943 hingga 1 April 1945, dengan sengaja mendukung fakta bahwa 10.505 tahanan dibunuh dengan kejam oleh kondisi yang tidak bersahabat di kamp.

Tahanan dikirim lewat transportasi ke kamp kematian Auschwitz di akhir perang.

Baca Juga: Video Viral, Rayyanza Prediksi Juara Piala Dunia 2022, Cipung si Peramal Ulung!

"Promosi tindakan ini oleh terdakwa terjadi melalui penyelesaian dokumen di kantor komandan kamp," kata pernyataan pengadilan.

“Kegiatan ini diperlukan untuk pengorganisasian kamp dan pelaksanaan tindakan pembunuhan yang kejam dan sistematis,” tambahnya.

Putusan dan hukuman itu sesuai dengan tuntutan jaksa.

Pengacara pembela telah meminta klien mereka untuk dibebaskan, dengan alasan bahwa bukti tidak menunjukkan dengan pasti bahwa Furchner tahu tentang pembunuhan sistematis di kamp tersebut, yang berarti tidak ada bukti niat yang diperlukan untuk pertanggung jawaban pidana.

Dalam pernyataan penutupnya, Furchner mengatakan dia menyesal atas apa yang telah terjadi dan menyesal telah berada di Stutthof saat itu.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest