Follow Us

VIDEO VIRAL: FIFA Tolak Tayangkan Presiden Ukraina di Final Piala Dunia 2022

Rara A - Minggu, 18 Desember 2022 | 14:34

GRIDVIDEO - Federasi Sepak Bola Internasional, FIFA, menolak menayangkan pidato Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di final Piala Dunia Qatar 2022.

Video pidato Volodymyr Zelensky rencananya akan ditayangkan Stadion Lusail Qatar sebelum kickoff saat final Piala Dunia antara Argentina dan Prancis pada Minggu (18/12/2022).

Ponalakan FIFA itu mendapat kecaman dari Kantor kepresidenan Ukraina.

FIFA memberikan penolakan pada Jumat (16/12/2022) saat kantor Zelensky meminta FIFA untuk menyampaikan pesan perdamaian dunia.

Pesan tersebut berkaitan dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Pada video itu, Zelensky mengatakan sepak bola berfungsi sebagai permersatu dunia dan bukan perang.

“Piala Dunia ini sekali lagi membuktikan bahwa negara dan kebangsaan yang berbeda dapat memutuskan siapa yang terkuat dalam permainan yang adil tetapi tidak dalam permainan api, di lapangan permainan hijau dan bukan di medan perang merah,” kata Zelensky dalam video tersebut.

Terkait penolatan FIFA, Kantor Kepresidenan Ukraina mengatakan jika Qatar sebenarnya menyetujuan insiatif Zelensky.

"Qatar mendukung inisiatif Presiden, tetapi FIFA memblokir inisiatif tersebut dan tidak akan mengizinkan video alamat presiden ditampilkan sebelum pertandingan final,"

Mereka pun menyebut FIFA telag kehilangan pemahaman tentang sepak bila sebagai permainan yang menyatukan dunia.

Selain itu, mereka mengatakan akan mendistribusikan video secara independen jika FIFA tidak menyiarkannya di piala dunia Qatar 2022.

Source : Tribunnews.com

Editor : Rara A

Baca Lainnya

Latest