Follow Us

Hendak Rebut Kembali Wilayah dari Tangan Ukraina, Rusia Belum Menyerah

Imadudin Adam - Jumat, 09 Desember 2022 | 08:38

GRIDVIDEO - Rusia menyatakan bahwa pasukannya masih berencana untuk merebut bagian timur dan selatan Ukraina yang diklaim Moskwa sebagai wilayahnya.

Hal ini sebagaimana dikutip dari Reuters Hal tersebut disampaikan Istana Kepresidenan Rusia alias Kremlin pada Kamis (8/12/2022).

Namun di sisi lain, Kremlin masih belum menjelaskan sepenuhnya tujuan kampanye militernya.

Reuters menyebutkan, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov tampaknya menetapkan batasan wilayah Ukraina yang sekarang ingin dimasukkan sebagai milik Rusia.

Sebelumnya, Rusia mencaplok empat provinsi Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson setelah digelar referendum pada September.

Referendum tersebut dibantah Kyiv, Barat, dan mayoritas negara di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta menyebutnya palsu.

Baca Juga: Militer Rusia Tingkatkan Serangan Mengepung Ukraina Dari Segala Arah

Tak satu pun dari provinsi-provinsi itu sepenuhnya dikuasai Rusia.

Beberapa wilayah diprovinsi tersebut masih berada di bawah kendali Ukranina.

Peskov pada Kamis ditanya wartawan apakah Rusia berencana untuk memasukkan lebih banyak wilayah selain empat wilayah yang sudah dicaplok.

“Tidak ada pertanyaan tentang itu.

Setidaknya, belum ada pernyataan dalam hal ini,” jawab Peskov. Dia menuturkan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membebaskan “wilayah” Rusia.

“Di sejumlah wilayah baru Federasi Rusia terdapat wilayah pendudukan yang mesti dibebaskan,” ucap Peskov.

“Maksud saya bagian dari Republik Donetsk, serta apa yang menjadi bagian-bagian dari Federasi Rusia, dan kemudian diduduki kembali oleh pasukan Ukraina,” sambung Peskov.

Ukraina telah memukul mundur pasukan Rusia keluar dari wilayah kecil Provinsi Luhansk.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest