Follow Us

Singapura Daftarkan Kebaya ke UNESCO Bersama Malaysia, Brunei dan Thailand, Disebut sebagai Warisan Melayu

Pradipta R - Sabtu, 26 November 2022 | 16:15

GRIDVIDEO – Negara tetangga Indonesia, Singapura mendaftarkan kebaya sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan ke UNESCO.

Tidak sendiri, Singapura menggandeng Malaysia, Brunei dan juga Thailand.

Pendaftaran tersebut adalah pendaftaran multinasional pertama oleh Singapura, dirilis olej Dewan Warisan Nasional Singapura (NHB).

Baca Juga: Maudy Ayunda Pakai Kebaya Bali di Acara KTT G20, Rancangan Desainer Kondang!

“Brunei, Malaysia, Singapura, dan Thailand sepakat untuk bekerja sama dalam nominasi multinasional ini karena kebaya mewakili dan merayakan sejarah bersama yang kaya di kawasan ini, mempromosikan pemahaman lintas budaya, dan terus hadir dan secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di seluruh Asia Tenggara," kata NHB.

NHB turut persilakan negara lain untuk mendaftarkan kebaya.

CEO NHB yaitu Chang Hwee Nee mengatakan, "Kebaya telah, dan terus menjadi, aspek sentral dalam representasi dan tampilan warisan budaya serta identitas Melayu, Peranakan, dan komunitas lainnya di Singapura, dan merupakan bagian integral dari warisan kami sebagai kota pelabuhan multikultural, dengan hubungan lintas Asia Tenggara dan dunia,”

Baca Juga: Pevita Pearce Paduka Kebaya dan Beskap di Gala Premier “Sri Asih”, Kece Abis!

"Pendaftaran multinasional menunjukkan multikulturalisme ini dan akar bersama kami dengan wilayah tersebut, serta mengakui pengetahuan, keterampilan artisanal, dan nilai sosial budaya yang terkait dengan kebaya." Tandasnya.

(*)

Source : Youtube, Gridvideo.id

Editor : Pradipta R

Baca Lainnya

Latest