Follow Us

Pernyataan-pernyataan Menpora hingga FIFA soal Pemakaian GBK Jelang Piala Dunia U-20 2023

Imadudin Adam - Rabu, 09 November 2022 | 14:15

Grid Video - Stadion Utama Gelora Bung karno (SUGBK) kini menjadi perbincangan publik karena akan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2023.

Akan tetapi, akhir-akhir ini menjadi perhatian publik karena Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan bahwa SUGBK tak bisa dipakai.

Hal ini karena SUGBK diharuskan steril dari seluruh kegiatan termasuk timnas Indonesia.

Namun, ternyata ini ada perbedaan persepsi sehingga terkesan tumpang tindih antara Menpora dan regulasi FIFA soal penutupan venue jelang Piala Dunia U-20 2023.

Dalam regulasi terbaru FIFA yang diterima BolaSport.com untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 ternyata penutupan stadion tak membutuhkan waktu lama.

Berdasarkan regulasi FIFA yang mengatur penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, terbit pada Oktober 2022, disebutkan penutupan stadion venue harus dilakukan 14 hari sebelum sepak bola mulai bergulir.

Hal ini berdasarkan pada regulasi bab V artikel 19, yang membahas soal stadion, poin 19.3. Namun, penutupan bisa dilakukan lebih awal, dengan syarat ada kondisi atau situasi yang memaksa FIFA melakukan hal itu.

Tentu saja aturan ini berlaku juga untuk GBK yang memang menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20.

“Stadion untuk Piala Dunia U-20 2023 tidak boleh digunakan untuk pertandingan atau ajang lain setidaknya 14 hari jelang sepak mula Piala Dunia U-20 2023 (bisa lebih awal jika ada situasi khusus),” bunyi regulasi FIFA.

Sementara dari Menpora sebelumnya telah menegaskan bahwa tidak boleh menggunakan stadion dalam jangka waktu enam bulan per november ini.

Baca Juga: Ferdy Sambo Sebut Brigadir J Punya Kepribadian Ganda, Kamaruddin: Boleh Dibunuh Gitu?

Hal ini tak lepas dari Kementerian PUPR yang memang akan mulai merenovasi stadion-stadion yang akan digunakan sebagai venue termasuk SUGBK.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest