Follow Us

Penjelasan Polri Soal Lokasi Jatuhnya Gas Air Mata Saat Rekonstruksi yang Berbeda dengan Video Viral

Imadudin Adam - Rabu, 19 Oktober 2022 | 21:08

Grid Video - Ada sejumlah perbedaan soal lokasi jatuhnya selongsong gas air mata yang ditembakkan polisi.

Hal ini dibahas dalam pelaksanaan rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan, yang digelar di Lapangan Sepak Bola Mapolda Jatim, Surabaya, Rabu (19/10/2022).

Hal itu berbeda dengan beberapa temuan dalam tayangan video amatir yang ditemukan pada Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022).

Dalam adegan tersebut ditunjukkan momen sejumlah anggota kepolisian yang dikomandoi oleh salah satu tersangka, Komisaris Polisi (AKP) Has Darmawan (HD), Komandan Kompi (Danki) 3 Brimob Polda Jatim, mulai memperagakan upaya pengendalian massa.

Dalam momen tersebut, lontaran selongsong gas air mata ternyata jauh di area shuttle run atau sisi terluar lapangan yang jadi batas antara tribun selatan penonton dengan area rumput lapangan utama tempat pertandingan.

Dalam tayangan tersebut, penembakan gas air mata diarahkan langsung ke arah kerumunan suporter yang berada di tribun penonton.

Tembakan tersebut yang disebut oleh pihak Tim Gabungan Independen Pencari Fakta jadi yang bertanggung jawab atas kasus Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia: Tanggal Main 2 Calon Juara, Argentina Dan Brasil!

Menanggapi hal tersebut, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menegaskan, segala bentuk perbedaan teknis temuan dalam rekonstruksi tersebut menjadi kewenangan penyidik.

Namun, proses rekonstruksi adegan demi adegan dalam kasus tersebut, dilakukan atas dasar kronologi yang disampaikan oleh pihak para tersangka.

"Jadi secara materi dan proses penyidikan, itu penyidik yang akan menyampaikan, kalau misalnya tersangka mau menyebutkan seperti itu, itu haknya dia," ujarnya di Ruang Konferensi Pers di Gedung Bidang Humas Mapolda Jatim, Rabu (19/10/2022) dilansir dari Surya Malang.

Dedi tak khawatir, manakala memang ada potensi pengaburan kebenaran dalam proses pemeriksaan yang telah bergulir.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest