Follow Us

Petunjuk Baru Gate 12 dan 13 yang Diperoleh TGIPF, Apa itu?

Imadudin Adam - Minggu, 09 Oktober 2022 | 09:01

Grid Video - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) sedang melakukan investgasi soal tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Jumat (7/10/2022).

Menurut Doni Monardo selaku perwakilan TGIPF, pihaknya masih mencari sebanyak mungkin bukti yang mengarah ke proses terjadinya kematian ratusan fans pada malam naas itu.

"Sejak 3 hari lalu kami sudah berada di Malang," ujar anggota TGIPF, Doni Monardo dilansir BolaSport.com dari SuryaMalang.com

"Untuk mencari sejumlah temuan-temuan. Kami ingin mencari sebanyak mungkin bukti yang mengarah pada proses terjadinya kematian."

"Kami sedang berusaha mendapatkan data-data," kata anggota TGIPF, Doni Monardo.

Mantan Kepala BNPB itu juga menuturkan bahwa pihaknya sudah bertemu sejumlah pakar untuk memahami apa yang dirasakan oleh keluarga korban.

"Tim juga sudah bertemu dengan sejumlah pakar, untuk memahami apa yang terjadi terutama kepada keluarga masyarakat yang anggota keluarganya wafat (dalam Tragedi Kanjuruhan)," ungkapnya.

Sementara terkait rencana dilakukannya otopsi terhadap jenazah korban tragedi, Doni mengatakan rencana tersebut masih akan dirapatkan kembali.

Doni menjelaskan beberapa temuan yang didapat oleh TGIPF dalam beberapa hari terakhir.

Tim juga menyoroti fakta dugaan pintu stadion dalam kondisi terbuka atau tertutup.

"Temuan pertama terutama pintu 12, 13 dalam kondisi yang tertutup. Kami akan mengumpulkan data dari petugas di pintu-pintu tersebut," ujar Doni Monardo.

"Mana pintu yang dibuka, dan mana pintu yang tertutup. Karena sebab apa tertutup dan terbuka."

"Karena SOP nya 10 menit sebelum pertandingan selesai pintu harus segera dibuka," kata Doni.

Di sisi lain, Kadispora Kabupaten Malang, Nazaruddin Hasan menyatakan seluruh CCTV yang ada di Stadion Kanjuruhan berfungsi.

Pihaknya telah menyerahkan peralatan CCTV kepada pihak berwajib.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest