Follow Us

Dokumen Surat Menyurat Presiden Jokowi Direatas Bjorka, Bahkan Rahasia BIN Pun Terbongkar

Hery Prasetyo - Sabtu, 10 September 2022 | 13:06

GRIDVIDEO - Akun Bjorka mengklaim telah berhasil meretas dokumen surat-menyurat Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahkan rahasia Badan Intelijen Negara (BIN) terbongkar dari surat-surat yang dikirimkan kepada Presiden.

Sejumlah dokumen surat-menyurat yang diduga milik Presiden Jokowi itu diretas akun Bjorka di laman BreachForums, Jumat (9/9/2022).

dari laman mereka, Breached.to, dokumen-dokumen itu memiliki rentang waktu 2019 sampai 2021.

Dokumen yang diretas itu termasuk surat yang diunggah dan diduga berasal dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Jika ini benar, rahasia BIN dan Presiden yang tertera di dalam surat-menyurat itu terbongkar oleh Bjorka.

"Berisi transaksi surat tahun 2019-2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen negara yang diberi label rahasia," demikian tertulis di dalam situs itu.

Dalam unggahannya, peretas itu juga menjelaskan bahwa telah mengunggah 679.180 dokumen berukuran 40 Mega Byte (MB) dalam bentuk data terkompres.

Peretas itu juga mencantumkan sejumlah contoh dokumen dalam unggahannya dan diberi judul.

"Permohonan Dukungan Sarana dan Prasarana," demikian salah satu contoh judulnya.

Selain itu juga ada "Surat Rahasia kepada Presiden dalam amplop tertutup", "Gladi Berih dan Pelaksanaan Upacara Bendera pada Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2019".

Namun, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, tidak ada isi surat apa pun yang terkena peretasan.

"Tidak ada data si surat-surat apa pun yang kena hack. Namun, upaya-upaya meng-hacker itu sudah melanggar hukum," tegas Heru Budi Hartono kepada Kompas.com, Sabtu (10/9/2022).

"Saya rasa penegak hukum akan melakukan tindakan hukum. Nanti akan ada pernyataan resmi dari pejabat terkait," tambahnya.

Editor : Hery Prasetyo

Baca Lainnya

Latest