Follow Us

Tangis Penyesalan Rekaya Ferdy Sambo, Bawahannya Menyesal

Imadudin Adam - Kamis, 01 September 2022 | 15:45

Grid Video - Ferdy Sambo berhasil menghipnotis bawahannya mengenai kasus kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Awalnya para anak buahnya di kepolisian percaya mengenai skenario dugaan pelecehan seksual terhadap istri sambo dan baku tembak yang menewaskan Brigadir J.

Setelah rekayasa itu terbongkar, kini, para bawahan Sambo yang ikut terseret kasus ini hanya bisa menyesal.

Demikian yang tergambar dalam sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) yang digelar Kamis (25/8/2022) hingga Jumat (26/8/2022) yang berujung pemecatan Sambo sebagai personel kepolisian.

Ini diungkap oleh anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Yusuf Warsyim yang turut hadir dalam sidang etik.

Dalam sidang etik beberapa waktu lalu, anak buah Sambo yang terjerat kasus ini menyesal dan beberapa di antaranya menangis.

Baca Juga: Jessi di Jakarta! Hang Out Bareng Agnez Mo, Intip Momen Pertemuan Mereka, Akrab Banget

"Ketika itu masuk ke pertanyaan saksi yang ditanya kapan ada kesadaran bahwa menjalankan perintah itu salah, bahwa faktanya tidak demikian yang diskenariokan, muncullah sebuah tangisan di antara saksi itu. Mungkin dia merasa bersalah atau kecewa dengan FS," ungkap Yusuf.

Namun, kata Yusuf, kala itu para personel kepolisian tersebut tak kuasa menolak perintah Sambo yang merupakan atasan mereka.

Padahal, norma kode etik Polri telah mengatur bahwa anggota kepolisian harus menolak perintah atasan jika itu bertentangan dengan norma hukum, agama, dan susila.

Sebagaimana diketahui, kasus kematian Brigadir J telah menyeret banyak nama, termasuk puluhan personel Polri.

Hingga kini, total ada 34 polisi yang dicopot dari jabatannya dan dimutasi ke Yanma Polri.

Beberapa di antaranya seperti mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto, lalu mantan Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest