Hewan Sahabat Manusia Ini Bisa Deteksi Majikannya yang Sedang Stress

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:12
Freepik

Anjing ternyata bisa mengetahui tingkat stress majikannya hanya dengan endusan

GRIDVIDEO.ID - Banyak orang yang memilih hidup bersama hewan peliharaannya seperti anjing maupun kucing.

Namun siapa sangka ternyata hewan peliharaan satu ini bisa mengetahui kalau majikannya sedang stress.

Hewan peliharaan tersebut tak lain adalah anjing.

Melansir dari Sputnik News, sejumlah peneliti tengah berhasil menguji terkait anjing yang mampu mendeteksi kondisi kesehatan manusia termasuk mental.

Salah satunya adalah kondisi stress yang dirasakan oleh manusia, ternyata mampu dideteksi oleh ajing.

Sebagai informasi, stress terkait dengan perubahan fisiologis yang berbeda termasuk peningkatan denyut jantung, tekanan darah, pernapasan, dan pelepasan epinefrin dan kortisol ke dalam aliran darah.

Penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan di Amerika tersebut kini bisa digunakan untuk pelatihan anjing terapi.

Baca Juga: Apakah Hewan Peliharaan Bisa Tertular Covid-19?

Disebut dari penelitian, ilmuwan mengetahui ternyata kadar kortisol jangka panjang pada anjing bisa mencerminkan kadar kortisol pemiliknya.

Hal itu disebut ilmuwan sebagai penularan emosional yang merupakan fenomena yang menggambarkan proses keadaan emosional antar individu.

Dalam penelitian tersebut, ilmuwan juga mencoba memecahkan bagaimana seekor anjing bisa mengetahui tingkat stress majikannya.

Para ilmuwan di Queens University Belfast baru-baru ini merampungkan studi pertama mereka secara eksperimental.

Mereka mengumpulkan sampel keringat dan napas dari sejumlah orang sebelum dan sesudah diberikan sebuah masalah seperti memecahkan soal matematika.

Dua sampel tersebut dianggap sebagai sampel stress dan sampel santai untuk kemudian dipelajari bagaimana anjing mengidentifikasi dua sampel itu dengan benar.

Baca Juga: Irfan Hakim Ceritakan Biaya Perawatan Binatang di Rumahnya, sampai Puluhan Juta!

"Temuan menunjukkan bahwa kita, sebagai manusia, menghasilkan bau yang berbeda melalui keringat dan napas kita ketika kita stres dan anjing dapat membedakan ini dari bau kita ketika santai - bahkan jika itu adalah seseorang yang tidak mereka kenal," ungkap Clara Wilson, mahasiswa PhD di Queen's University Belfast School of Psychology.

Hasil penelitian juga menunjukkan bagaimana hubungan anjing dengan manusia.

Tak hanya itu saja, penelitian tersebut juga mengungkap bagaimana anjing bisa menerjemahkan keadaan psikologis manusia dengan benar.

Ditemukan kesimpulan bahwa anjing sangat bergantung pada indra penciumannya termasuk mengetahui situasi di lokasi tempatnya berada.

Salah satu partisipan penelitian tersebut, Helen Parker menyebutkan bahwa anjingnya Treo kini lebih selaras dengan kondisi emosional orang rumah setelah berpartisipasi dalam penelitian ini.

"Studi ini membuat kami lebih sadar akan kemampuan anjing untuk menggunakan hidung mereka untuk 'melihat'' dunia. Kami percaya penelitian ini benar-benar mengembangkan kemampuan Treo untuk merasakan perubahan emosi di rumah. Studi ini memperkuat bagi kami bahwa anjing adalah hewan yang sangat sensitif dan intuitif dan ada nilai besar dalam menggunakan apa yang mereka lakukan terbaik – mengendus!" ungkap Helen.

(*)

Baca Juga: Susah Ketemu! Ini 3 Tanaman Obat Paling Langka di Dunia

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya