Temuan Terbaru Komnas HAM, CCTV di Area Parkir Alami Kerusakan

Rabu, 26 Oktober 2022 | 06:00

Grid Video - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kembali memberikan update soal tragedi Kanjuruhan.

Komisioner Pemantauan atau Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam mengatakan bahwa pihaknya memiliki rekaman CCTV lengkap terkait Tragedi Kanjuruhan.

Namun, ada satu yang rusak yaitu CCTV di area parkiran Stadion Kanjuruhan.

Komnas HAM mengetahui hal itu setelah menggelar penyelidikan pada 19-22 Oktober 2022.

"Kami dalami CCTV. Persoalan ada di locusnya blank spot, kami bertemu dengan teknisinya," kata Anam dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (24/10/2022).

"Memang ada problem teknis CCTV di titik 16 di parkir yang bisa menunjukkan kepala singanya. Itu bermasalah sejak hari Jumat (30 September 2022)," kata Anam melanjutkan.

Baca Juga: Nikita Mirzani Resmi Ditahan! Ternyata Alasannya ini

Anam mengatakan bahwa teknisi melakukan perbaikan CCTV, tetapi belum rampung pada hari Sabtu (1/10/2022) atau saat pertandingan Arema FC lawan Persebaya Surabaya digelar.

"Karena belum tuntas menggantinya, terutama pada mekanisme sinkronisasi IT, sampai pada hari H kadang-kadang muncul, kadang-kadang tidak," ucap Anam.

"Itu kami ditunjukkan detilnya oleh teknisinya. Teknisi dari Stadion Kanjuruhan yang memang sejak awal memasang CCTV dan sampai sekarang melakukan maintenance," ujar Anam.

Lebih lanjut, Anam juga menjelaskan bahwa ia telah memeriksa CCTV di area lobi Stadion Kanjuruhan.

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi setelah pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-11 Liga 1 2022-2023, Sabtu (1/10/2022), menewaskan 135 orang.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga sudah menetapkan enam tersangka termasuk Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita.

Selain Akhmad Hadian Lukita, ada dua tersangka lain yang berasal dari kalangan sipil yaitu Abdul Haris (Ketua Panpel Arema FC) dan Suko Sutrisno (Security Officer).

Adapun tiga tersangka lainnya merupakan anggota Polri, yakni Kompol Wahyu Setyo Pranoto (Kabag Ops Polres Malang), AKP Hasdarman (Danki Satbrimob Polda Jatim), dan AKP Bambang Sidik Ahmadi (Kasat Samapta Polres Malang).

Editor : Imadudin Adam

Sumber : GRID VIDEO

Baca Lainnya